PERILAKU KONSUMEN MOBIL MPV DI SURABAYA
Abstract
Pasar mobil di Indonesia didominasi oleh mobil serba guna atau MPV (Multi Purpose Vehicle). Selain MPV digemari masyarakat karena mempunyai fungsi untuk mengangkut penumpang lebih banyak (keluarga) dan juga disebabkan karena kualitas produk yang dimilikinya berbeda dengan mobil selain jenis MPV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen mobil MPV di Surabaya, dimana banyak berbagai alasan yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memutuskan suatu pembelian yang akan dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Jenis penelitian ini adalah riset deskriptif karena dalam penelitian ini tidak memuat tentang pernyataan menerima atau menolak hipotesis penelitian. Penelitian ini menggambarkan perilaku konsumen Mobil MPV di Surabaya Metodologi yang digunakan dalam penelitian tersebut menggunakan metode Analisis Distribusi Frekuensi yaitu membagi responden ke dalam beberapa kelompok yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan proporsi jumlah responden berdasarkan jawaban yang diberikan dalam kuesioner yang didukung dengan membuat tabel frekuensi, Tabulasi Silang (crosstabulation) yang berfungsi untuk mengkorelasikan seluruh item yang menjadi pembentuk 5W+1H dengan karakteristik responden, dan Diagram Batang yang berfungsi untuk memudahkan dalam proses pengidentifikasian temuan peneliti. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diketahui bahwa sebagian besar pengguna atau konsumen Mobil MPV usia antara 26 – 35 tahun yang berjenis kelamin laki-laki, dengan tingkat pendidikan S1. Berdasarkan pekerjaannya, sebagian besar responden ini adalah wiraswasta dengan tingkat pengeluaran antara Rp 2.500.001 – Rp 3.500.000. Diantara merek mobil jenis MPV ternyata pengguna mobil jenis MPV merek Toyota Avanza adalah yang paling banyak, yang rata-rata dipengaruhi oleh keluarga. Alasan tertarik mobil jenis MPV sebagian besar karena kenyamanan dan kapasitasnya yang besar, dengan waktu pembelian adalah pada saat membutuhkan. Sebagian besar responden menyatakan melakukan pembelian mobil jenis MPV di dealer mobil, dengan sumber dari majalah/brosur/koran. Selain itu, cara pembelian yang dilakukan oleh responden adalah kredit, dengan frekuensi penggunaan setiap hari. Hampir seluruh responden menyatakan puas dengan mobil jenis MPV yang dimilikinya dengan alasan kenyamanan dan muat banyak.
Downloads
References
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga.
Kasali, R (2007). Membidik pasar indonesia segmentasi, targeting dan positioning. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip., dan Armstrong, Gary, 2008, Principles Of Marketing, International Edition, Jilid 12, Prentice Hall, London.
Lamb, Charles W. dan joseph F. Hair, dan carl Mc Daniel, 2011, Pemasaran, Edisi Pertama, Jakarta, Salemba Empat.
Mangkunegara, Anwar Prabu, A. A., (2002), Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Bandung : PT Refika Aditama.
Matsaini, 2012, Analisis Perilku Konsumen. Jurnal Penelitian, Universitas Trunojoyo Madura. Rangkuti, Freddy, 2006, Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Measuring Custome Satisfaction), Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
Schiffman, L. & Kanuk, L.L., 2008, Perilaku konsumen, (Zoelkifli Kasip), Jakarta, Indeks.
Sigit, Soehardi, 2002, Pemasaran Praktis, edisi ke-tiga, Yogyakarta, BPFE, Yogyakarta.
Silalahi, Anggiat, 2001, Analisis Perilaku Konsumen The Celup dan Implikasinya Pada Strategi Pemasaran di Daerah Kotamadya Bogor,
http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/
123456789/12400/A01aas_abstract.pdf?sequence=2, diunduh pada tanggal 16 Oktober 2012.
Simamora Bilson, 2003, Memenangkan Pasa Dengan Pemasaran Efektif Dan Profitable, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.
Simamora, Bilson, 2008, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sulistyawaty, R., 2010, Perilaku Konsumen dalam Menggunakan Kartu Kredit di Wilayah DKI Jakarta. Jurnal Penelitian, Universitas Gunadarma.
Sumarwan, U., 2002, Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Jakarta, Ghalia Indonesia.
Swasta & Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen, Edisi 1, Cetakan 3, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy, Chandra, G. dan Andraiana, 2008, Pemasaran Strategik, Yogayakarta.
Website;
http://www.kaltimpost.co.id, diunduh pada tanggal 19 November 2012.
www.kompas.com, diunduh pada tanggal 19 November 2012.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.