STUDI DESKRIPTIF SERVICESCAPES PADA COMEDY KOPI DI GRAND CITY MALL SURABAYA MENURUT PERSEPSI KONSUMEN
Abstract
Globalisasi telah membuat perubahan signifikan dalam kebudayaan manusia yang terlihat dari gaya hidup masyarakat yang menjadi serba santai, instan, dan canggih, yang salah satunya juga tampak dari perubahan pola hidup masyarakat yang lebih sering menghabiskan waktu untuk makan di luar rumah. Dimana perubahan pola hidup tersebut juga menyebabkan jumlah industri restoran semakin meningkat sehingga persaingan menjadi semakin ketat. Cita rasa dan harga saat ini juga bukan lagi menjadi penentu utama dari suksesnya usaha restoran, sehingga dibutuhkan diferensiasi agar tetap bertahan dalam persaingan. Salah satu diferensiasi yang mempunyai pengaruh cukup besar pada konsumen saat ini adalah servicescapes yang dimiliki oleh sebuah restoran. Comedy Kopi adalah salah satu jenis restoran berbentuk kafe yang menggunakan konsep servicescapes dengan tema komedi atau humor sebagai diferensiasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan servicescapes pada Comedy Kopi menurut persepsi konsumen. Servicescapes diukur melalui ambient conditions, spatial layout and functionality, serta signs, symbols, and artifacts. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Pengolahan data menggunakan Mean, Standar Deviasi, dan Koefisien Varian. Dimana hasil penelitian mengungkapkan bahwa servicescapes pada Comedy Kopi mendapatkan penilaian yang baik, dengan demikian hasil penelitian mendukung konsep teori tentang servicescapes.
Downloads
References
Kotler, P., 2003, Marketing Management : International Edition, Eleventh Edition, Pearson Education Inc, Prentice Hall, Northwestern university, New Jersey.
Kotler, Philip and Armstrong, Gary (2003), Dasar-dasar Pemasaran, Edisi ke sembilan, Jakarta, PT. Indeks.
Lovelock, C., Wirtz J., Keh H.T., dan Lu X., 2005, Services Marketing In Asia, Second Edition, Prentice Hall.
Schiffman, Leon G., Kanuk L.L., 2007, Consumer Behavior, Ninth Edition, Pearson Prentice Hall.
Zeithaml, Valerie A., Bitner M.J., Gremler Dwayne D., 2009, Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm, Fifth Edition, McGraw Hill International.
http://eprints.undip.ac.id/28650/1/Skripsi12.pdf (diunduh 26 Februari 2013)
www.library.upnvj.ac.id/pdf/2s1manajemen/206111076/bab1.pdf (diunduh 26 Februari 2013)
http://beta.wap.vivanews.com/news/read/46324orang_indonesia_makan_di_luar_3_kali_sepekan (diunduh 26 Februari 2013)
http://beta.wap.vivanews.com/news/read/42114krisis__masyarakat_pilih_belanja_makanan (diunduh 26 Februari 2013)
http://kulinologi.biz/index1.php?view&id=241 (diunduh 26 Februari 2013)
http://caricara.com/2009/04/masyarakat-indonesia-lebih-mementingkankebutuhan-makanan/ (diunduh 26 Februari 2013)
http://www.kabarbisnis.com/read/2820403 (diunduh 26 Februari 2013)
http://www.kabarbisnis.com/read/2814963 (diunduh 26 Februari 2013)
http://www.kabarbisnis.com/read/2820403 (diunduh 26 Februari 2013)
http://www.centroone.com/news/2012/09/4r/pengusaha-kafe-jatim-giat-ekspansi/(diunduh 26 Februari 2013)
http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=8e08998cb1abb518c122352edea68ea6&jenis=e4da3b7fbbce2345d7772b0674a318d5 (diunduh 27 Februari 2013)
http://eprints.undip.ac.id/28650/1/Skripsi12.pdf (diunduh 27 Februari 2013)
www.repository.ipb.ac.id (diunduh 27 Februari 2013)
www.SurabayaPagi.com (diunduh 27 Februari 2013)
http://blog-anekaria.blogspot.com/2011/12/uniknya-kafe-comedy-kopi-bisabayar.html (diunduh 3 Maret 2013)
http://surabaya.tribunnews.com/2012/05/06/kaferan-penuhcanda#sthash.sB9pJbk5.dpbs (diunduh 3 Maret 2013)
http://surabaya.tribunnews.com/2012/05/06/kaferan-penuhcanda#sthash.sB9pJbk5.dpbs (diunduh 3 Maret 2013)
http://en.wikipedia.org/wiki/Restaurant (diunduh 4 Maret 2013)
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.