PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFROMASI PAKET MODIFIKASI MOTOR DAN PENJUALAN SPAREPART MOTOR RACING

  • Yudha Prawira Teknik Informatika / Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Daniel Hary Prasetyo Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Ellysa Tjandra Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 113 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 185 times
Keywords: sparepart motor racing, modifikasi motor, sistem informasi website

Abstract

Pada saat ini pemilik toko sparepart dan modifikasi motor sedang menghadapi tantangan dalam meningkatkan mutu pelayanan untuk pelanggan dan ingin mempromosikan bisnis penjualan sparepart motor racing dan modifikasi motor. Hal yang sama juga dirasakan oleh pelanggan yang ingin memodifikasi motor atau membeli sparepart motor racing, terkadang kesulitan mencari toko sparepart motor racing dan modifikasi motor yang dapat memberikan hasil modifikasi motor yang sesuai dengan harapan pelanggan. Pelanggan terkadang juga kesulitan mencari sparepart motor racing tertentu yang mungkin di toko lain banyak yang tidak menjual sparepart motor racing tersebut. Dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini yang semakin pesat salah satunya adalah internet, dengan adanya teknologi internet dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada pada penjualan sparepart motor racing dan modifikasi motor dengan hasil yang semaksimal mungkin sesuai dengan harapan pelanggan. Untuk itu perlu adanya suatu sistem informasi website untuk digunakan pemilik toko sparepart motor racing dan modifikasi motor agar dapat mempromosikan bisnisnya dan dapat bertransaksi dengan pelanggan dalam proses penjualan dan pembelian sparepart motor racing dan modifikasi motor. Pembuatan website penjualan sparepart motor racing dan modifikasi motor ini diawali oleh proses analisis terhadap sistem yang sedang berjalan saat ini sekaligus melakukan benchmarking terhadap website-website yang sejenis. Kemudian dari hasil analisis akan dilanjutkan pada tahapdesain sistem dan implementasi sistem. Setelah implementasi sistem selesai, dilakukan uji coba dan evaluasi terhadap sistem yang dibagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap verifikasi dan validasi. Hal tersebut untuk memastikan sistem informasi yang dibuat telah berjalan sesuai kebutuhan. Kesimpulan dari pembuatan website penjualan sparepart motor racing dan modifikasi motor ini adalah bahwa sistem informasi yang dibuat dapat memudahkan pelanggan dalam mencari informasi mengenai sparepart motor racing dan modifikasi motor, memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian sparepart motor racing, memudahkan pelanggan dalam mencari informasi seputar bagaimana hasil dari modifikasi motor di toko tersebut atau pelanggan yang ingin modifikasi motor, membantu pemilik toko penjualan sparepart motor racing dan modifikasi motor dalam mengelola laporan data transaksi penjualan dan pembelian, dan membantu pemilik toko dalam mempromosikan bisnispenjualan sparepart motor racing dan modifikasi motor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillahis Sajidin (2015), Tugas Akhir Pembuatan Sistem Informasi Collaboration Tools Klaster Industri Alas Kaki di Jawa Timur, Calyptra : Jurnal ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya (2015).

Dani Eko Hendrianto (2014), Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan, IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security - Volume 3 No 4 - 2014 – ijns.org ISSN: 2354-6654.

W3shools, HTML5 introduction. http://www.w3schools.com/html/html5_intro.asp diakses pada tanggal 5-06-2016.

Idcloudhost, Pengertian dan Keunggulan Framework Laravel , https://idcloudhost.com/pengertian-dan-keunggulan-framework-laravel/, d iakses pada tanggal 30-09-2016.

Yakub, Pengantar Sistem Informasi, Yogyakarta, Graha Ilmu, 2012, ISBN 978-979-756-807-8.

Saputra, Agus. 2012 Web Tips: PHP, HTML 5 dan CSS3. Jakarta Jasakom.

Cindy Nataria, 2015. Pembuatan Sistem Informasi Akuntansi pada Laundry “X”. Calyptra : Jurnal ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya (2015).
Published
2018-03-01