HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN GAYA KELEKATAN PADA REMAJA AWAL

  • Priliana Merdika Inriani Fakultas Psikologi / Universitas Surabaya
Abstract Views: 1036 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 2044 times
Keywords: Parenting style, attachment style, early adolescent

Abstract

Abstrak - Remaja awal seringkali menganggap temannya sebagai figur lekat, namun tetap tidak menutup kemungkinan pola asuh orangtua masih dapat menjadi faktor dalam membentuk gaya kelekatan pada remaja awal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara pola asuh orangtua (ayah dan ibu) dengan gaya kelekatan pada remaja awal serta mengetahui deskripsi jenis pola asuh orangtua dan gaya kelekatan pada remaja awal. Subjek dalam penelitian ini adalah pelajar SMP yang berusia 13-16 tahun sebanyak 86 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Angket yang digunakan adalah Parental Authority Questionnaire (PAQ) dan Adult Attachment Scale (AAS). Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi spearman’s rank order dengan bantuan program IBM SPSS Statistics versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 hipotesis hanya ada satu yang menunjukkan korelasi secara signifikan, yaitu pola asuh ayah otoritatif dan ibu otoritatif-otoritarian dengan secure-anxious attachment. Pada pola asuh kombinasi ini, remaja bisa merasa aman karena ada pola asuh otoritatif yang seringkali memberikan kehangatan, namun di sisi lain juga merasa cemas saat diberi pola asuh otoritarian karena cenderung memberikan batasan yang kaku.

Kata kunci: Pola asuh orangtua, gaya kelekatan, remaja awal

Abstract – Early adolescent often consider their friend as a figure, but parenting style can be a factor that can shape their attachment style. The aim of the study was to investigate correlation of parenting style (father and mother) with attachment syle of early adolescent and to know the description of parenting style and attachment style of early adolescent. The subject of this research was 86 junior high school students aged 13 to 16 years old. This research used accidental sampling. Questionnaire for parenting style used Parental Authority Questionnaire (PAQ) and attachment style used Adult Attachment Scale (AAS). Spearman’s rank order correlation test was used to analyze data with help of IBM SPSS Statistics version 22. The results of the present study indicate that from 20 hypothesis, only one that have significant correlation is father authoritative and mother authoritative-authoritarian with secure-anxious attachment. This combination of parenting style can make adolescent secure because authoritative parenting style, but also can make anxious when their parents give them authoritarian parenting style.

Keywords: Parenting style, attachment style, early adolescent

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhtar, Z. (2012). The effect of parenting style of parents on the attachment styles of undergraduate students. Language in India, 12(1), 555-566.

Ainsworth, M. D. S., Blehar, M.C., Waters, E., & Wall, S. (1978). Patterns of attachment. New York: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Boyd, D. & Bee, H. (2009). Lifespan development (5th Ed.). United States of America: Pearson Eduaction.

Buri, J. R. (1991). Parental Authority Questionnaire. Journal of personality assessment, 57(1), 110-119.

Doinita, N. & Maria, N. (2015). Attachment and parenting style. Procedia – Social and behavioral sciences, 203, 199-204.

Jatnika, Y. (2016). Kenapa remaja kabur dari rumah. Retrieved on March, 24th 2017 from http://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=1139.

Kalantarkousheh, S. M., Sharifi, M., Mehri, M., & Sajjad, E. (2014). Parenting style and attachment models among Iranian pre-university students. International journal of academic research in psychology, 1(2), 147-164.

Khairat, M. & Adiyanti, MG. (2015). Self-esteem dan prestasi akademik sebagai predictor subjective well-being remaja awal. Gadjah mada journal of Psychology, 1(3), 180-191.

Laumi & Adiyanti, M.G. (Attachment of late adolescent to mother, father, and peer, with family structure as moderating variable and their relationships with selfesteem. Jurnal psikologi, 39(2), 129-142.

Prasetya, Y. (2011). Hubungan antara pola asuh orang tua dan prokrastinasi akademik (Skripsi, tidak dipublikasikan). Surabaya: Universitas Surabaya.

Sahrani, R. & Medya. (2003). Perbedaan intensi agresi berdasarkan pola attachment pada remaja putri yang tinggal di panti asuhan. Jurnal psikologi, 1(1), 43-70.

Santrock, J.W. (2002). Perkembangan masa hidup. (5th Ed., Juda D. & Achmad, C pengalih bhs.). Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. (2011). Perkembangan masa hidup. (13th Ed., Benedictine, W pengalih bhs.). Jakarta: Erlangga.

Sigelman, C.K. & Rider, E. (2006). Life-span human development (5th Ed.). Canada: Thomson Wadsworth.

Tridhonanto, A. & Agency, B. (2014). Mengembangkan pola asuh. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Published
2019-09-01