PENGARUH RASIO PROFITABILITAS, RAASIO LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHDAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN ASURANSI PERIODE 2011-2016
Abstract
Abstrak - Struktur modal adalah penentuan proporsi dalam memenuhi kebutuhan belanja perusahaan dengan menggunakan perpaduan sumber dana dari dalam dan dari luar perusahaan. Struktur modal yang kuat merupakan salah satu faktor yang membuat perusahaan memiliki daya saing untuk jangka waktu yang panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas, rasio likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Sampel pada penelitian ini berjumlah 7 perusahaan dengan kurun waktu 6 tahun. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi data panel dengan software Eviews 8.0. Hasil penelitian ini menunjukkan rasio profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal, kemudian rasio likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal , dan ukuran perusahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal. Rasio profitabilitas, rasio likuiditas, dan ukuran perusahaan secara bersama-sama mempengaruhi struktur modal.
Kata kunci: struktur modal, profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, perusahaan asuransi
Abstract - Capital structure is determination of proportion in fulfilling the firm’s expenditure needs by using the combination of financial resources which is from internal financing and external financing. The strong capital structure is one of the factors that make the firm has long-term competitiveness. The purpose of this research is to find out influence of profitability ratio, liquidity ratio, and firm size to capital structure. Sample of this research amounted 7 companies with period 6 years. This research use regression method of panel data with software of Eviews 8.0. The result shows profitability ratio has positive and significant effect to capital structure. Then, liquidity ratio has negative and significant effect to capital structure, and last firm size has positive and significant effect to capital structure. Profitability ratio, liquidity ratio, and firm size together affect the capital structure.
Key Word: capital structure, profitability, liquidity, size firm, insurance company
Downloads
References
Alvareza, Argi dan Topowijono. 2017. “Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Struktur Modal”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 50 No. 4.
Hudan, Yusron. Isynuwardhana, Deannes. Triyanto, Dedik Nur. 2016. “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Sektor Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015”. Jurnal e-Proceeding of Management. Vol. 3 No.2.
Kasmiarno, Kurnia Sari. 2017. “Analisis Pengaruh Indikator Ekonomi dan Kinerja Perbankan Syariah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Perbankan Syariah di Indonesia Tahun 2008-2014”. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan. Vol. 4 No. 1.
Margaretha, Farah dan Ginting, Karnida Retta. 2016. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan BUMN di Indonesia”. Jurnal Ekonomi. Vol. 7 No. 1.
Oino, Isaiah dan Ukaegbu, Ben. 2015. “The impact of profitability on caital structure and speed adjustment : An empirical examination of selected firms in Nigeria Stock Exchange”. Research in International Business and Finance. Vol. 30 No.1.
Rahma, Selma Ardiany. Darminto. dan Topowijono. 2014. “Analisis Penetapan Struktur Modal yang Optimal Guna Meningkatkan Nilai Perusahaan”. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 13 No. 1.
Reavis, Marshall Wilson. 2018. “Insurance : Concepts & Coverage”. Victoria, BC, Canada: FriesenPress.
Resino, Merdianti. Syafitri, Yancik. dan Wijaya, Trisnadi. 2014. “Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal”. Jurnal Manajeme. Vol. 1 No. 1.
Septiono, Rizqy Wahyu. Suhadak. dan Darminto. 2013. “Analisis Faktor Mikro Terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan”. Jurnal Profit. Vol. 7 No. 1.
Solikhadi, Lutfiana Mufidhatus dan Yahya. 2016. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga di BEI”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 5 No. 7
Suryawan, Sheehan dan Dharmayanti, Diah. 2013. “Analisis Hubungan Antara Experential Marketing, Customer Satisfaction, dan Customer Loyalty Cafe Nona Manis Grand City Mall Surabaya”. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1 No. 2
Watung, Abraham Kelly Sion. Saerang, Ivonne S. dan Tasik, Hizkia H. D. 2016. “Pengaruh Rasio Likuiditas, Aktivitas, Profitabiltas, dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal Industri Barang Konsumsi di Burs Efek Indonesia”. Jurnal EMBA. Vol. 4 No. 2.
Wijaya, M. Sienly Veronica dan Hadianto, Bram. 2008. “Pengaruh Struktur AKtiva, Ukuran, Likuiditas, dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Emiten Sektor Ritel di Bursa Efek Indonesia: Sebuah Pengujian Hipotesis Pecking Order”. Jurnal Ilmiah Akuntansi. Vol. 7 No.1.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.