ANALISIS PERILAKU NASABAH ASURANSI SYARIAH
Abstract
INTISARI Penelitian ini di latar belakangi oleh minat nasabah pada asuransi syariah. Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia dalam berasuransi masih tergolong sangat rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Padahal di Indonesia potensi pasar industri asuransi syariah untuk berkembang sangat besar, mengingat mayoritas (80%) penduduk Indonesia beragama Islam. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah asuransi syariah, sampel diambil sebanyak 96 responden dengan teknik nonprobability sampling. Pengumpulan data melalui kuisioner skala likert 1-5, teknik analisis data menggunakan uji instrumen, asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pelayanan berpegaruh dan signifikan, promosi berpengaruh tidak signifikan dan produk berpengaruh tidak signifikan. Secara simultan pelayanan, promosi dan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah.
Kata kunci: Pelayanan, Produk, Promosi, Minat Nasabah.
ABSTRACT This research is motivated by the interest of customers on syariah insurance.The level of awareness of Indonesians in insurance is still very low compared to other countries.Whereas in Indonesia the market potential of the syariah insurance industry to grow very large,because the majority (80%) of the population of Indonesia is Muslim.This research uses quantitative descriptive method.The population in this study is syariah insurance customers, samples were taken from 96 respondents with nonprobability sampling technique. Data collection through questionnaires likert scale 1-5,data analysis techniques use instrument test, classical assumption and hypothesis test.The results of this study indicate that partially services have an effect on and significant. promotion is not significant and product has no significant effect. Simultaneously services, promotions and products have a positive and significant impact on customer interest.
Keywords: Service, Product, Promotion, Interest of Customer
Downloads
References
Bajammal, Naimah Helmi (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Asuransi AIA Financial Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 5 No 3.
Bhuono. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Fauzi, Yayan. 2010. Faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah menabung di perbankan syariah (kasus pada bank BNI Syariah kantor cabang Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Undip.
_____________. 2012. Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hal 96.
Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Istijanto. 2009. Aplikasi Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: indeks. Hal. 272.
Kuniartha, Alvernia. 2007. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang dalam berasuransi dan peluangnya untuk memilih Asuransi Syariah. Tesis.
Jakarta: Fakultas Pascasarjana Universitas Indonesia.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 1998. Perilaku Konsumen. Bandung : Eresco Anggota IKAPI.
________________________. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung: Eresco Anggota IKAPI
Mappiare, Andi. 1982. Psiklogi Remaja. Surabaya : Usaha Nasional. Hal. 82
Moenir, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.
Nurastuti, Wiji. 2011. Teknologi Perbankan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Nursalim, Rochmat (2014). Faktor-faktr yang mempengaruhi Keputusan Pemakaian Jasa Asuransi AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Purworejo Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 10 No 1a.
Puspitasari, Novi. 2011. “Sejarah dan Perkembangan Asuransi Islam serta Perbedaanya dengan Asuransi Konvensional”. JEAM Vol X No. 1.
Soemitra, Andri. 2010. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta : Kencana.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
________. 2007. Materi Pengumpulan Data. Jakarta: Erlangga. Hal 138
________. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sula, Muhammad Syakir. 2004. Asuransi Syariah Konsep dan Sistem Operasional. Jakarta: Gema Insan.
Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen Panduan Riset Sederhana Untuk Menggali Konsumen, Yogyakarta : CAPS. Hal 10-11.
Syahatah, Husain. 2006. Asuransi dalam Perspektif Syariah. Jakarta: Amzah.
Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Promosi. Yogyakarta: Andi
_______, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Edisi II. Yogyakarta: Andi
Triana, Agus Gozali. 2010. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan beli jasa Asuransi Takaful Dana Pendidikan (studi kasus pada nasabah PT Asuransi Takaful Keluarga Cabang Yogyakarta) Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Yadi, Janwari. 2005. Asuransi Syariah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Yulianti, Lilis, 2011, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi Sukuk, Jurnal Universitas Jember.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.