ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN DAN PERFORMA ATRIBUT DALAM PEMILIHAN BERAS DI TOKO HOKKY SURABAYA

  • Stevan Edbert Togap Siringoringo Jurusan Ilmu Ekonomi / Universitas Surabaya
Abstract Views: 25 PDF - FULL TEXT Downloads: 75
Keywords: Consumer Preferences, Attributes, Consumer Satisfaction

Abstract

Abstrak - Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antar atribut dan preferensi konsumen terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian beras impor atau beras lokal. Dengna mencari sampel di Kota Surabaya sebanyak 5 responden. Metode analisis yang digunakan adalah dengan Uji Analisis Deskriptif dan Uji Importan Performance Analysis dengan menggunakan alat analisis untuk membantu mengolah data adalah program IBM SPSS 22. Sedangkan data yang digunakan adalah data kualitatif yang berupa kuesioner Hasil analisis menunjukkan bahwa Atribut memiliki hubungan kausal dengan Preferensi konsumen dan Atribut memiliki hubungan kausal terhadap Kepuasan konsumen.

Kata Kunci : Preferensi Konsumen, Atribut, Kepuasan Konsumen.

Abstract - This study was conducted with the aim to determine whether there is significant influence between attributes with consumer preferences and consumer satisfaction in the purchase of imported rice or local rice. Dengna looking for samples in Surabaya as many as 5 respondents. The method of analysis used is with Descriptive Analysis Test and Test Important Performance Analysis by using analytical tools to help process data is the program IBM SPSS 22. While the data used are qualitative data in the form of questionnaires The result of the analysis shows that Attribute has causal relation with consumer preference and attribute has causal relation to consumer satisfaction.

Keywords Consumer Preferences, Attributes, Consumer Satisfaction

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, E. 2008. Analisis Preferensi dan Kepuasan Konsumen Terhadap Beras Di Kecamatan Mulyorejo Surabaya Jawa Timur. Skripsi. Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Ahman, Eeng dan Rohmana, Yana. (2007). Pengantar Teori Ekonomi Mikro. LAB EKOP dan KOPERASI UPI

Bada Pusat Statistik. 2014. Statistik Indonesia 2014. BPS. JawaTimur

Dipta, I Wayan, 2008. Strategi Penguatan Usaha Mikro, kecil, dan menengah Melalui Kerjasama Kemitraan Pola CSR.Infokop, Volume 16 september .2008 (62-75)

Griffin, Ricky W. dan Ebert Ronald J. (2003). Bisnis. Jakarta: Prenhallindo.

Joesron, Tati Suharti, Fathorrozi (2003), Teori Ekonomi Mikro, Penerbit Salemba empat, Jakarta.

Samuelson dan Nordhaus. (2004). Ilmu Makro Ekonomi. Jakarta: PT. Media Global Edukasi.

Selamet, R. 2003. Analisis Proses Keputusan Konsumen dalam Penelitian Beras dan Strategi Pemasaran Beras. Skripsi. Program Studi Agribisnis. Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Simamora, B. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Stoner, Alfred dan Douglas C., Hague Teori Ekonomi. Jakarta: PT. Galia Indonesia

Sukirno, Sadono. (2005). Teori Pengantar Mikro Ekonomi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

United Nations Food and Agriculture Organization: Agriculture and Consumer Protection. "Dimensions of Need - Staples: What do people eat?". Retrieved 15 October 2010.
Published
2019-09-01