PENINGKATAN BERKELANJUTAN KINERJA DIREKTORAT PENJAMINAN MUTU DAN AUDIT INTERNAL UNIVERSITAS SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9004:2009
Abstract
Dalam dunia pendidikan, perguruan tinggi bersaing dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas pendidikan serta sarana dan prasarananya. Diperlukan sistem manajemen mutu yang menjamin efektifitas dan efisiensi dari proses kerjanya. Apabila Universitas telah memiliki sistem manajemen mutu (seperti ISO 9001:2008), perlu adanya pengintegrasian dengan standar untuk peningkatan kinerja organisasi seperti sistem manajemen mutu ISO 9004:2009. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kebutuhan untuk perbaikan berkelanjutan serta peningkatan standar kualitas yang merupakan misi Direktorat Penjaminan Mutu dan Audit Internal (DPMAI) Universitas Surabaya. DPMAI bertanggungjawab atas pengelolaan sistem manajemen mutu di Universitas Surabaya. Perbaikan dan peningkatan dilakukan dengan pendekatan ISO 9004:2009. Langkah pertama adalah mengukur kinerja sistem manajemen mutu dengan identifikasi menggunakan metode scanning gap dan scoring Self-Assessment Tool (SAT). Kemudian menganalisis gap yang didapatkan serta mencari akar permasalahannya. Dari hasil scanning gap didapat 213 pertanyaan yang sesuai dan 15 pertanyaan yang tidak sesuai antara kondisi sistem manajemen dengan persyaratan ISO 9004:2009. Untuk identifikasi level kinerja dengan scoring SAT, level kinerja yang masih rendah terkait peningkatan, inovasi dan pembelajaran. Terakhir adalah melakukan tindakan perbaikan. Tindakan perbaikannya yaitu rancangan prosedur pengolahan dan efisiensi limbah cair, prosedur terkait pertimbangan panas, kelembaban, cahaya dan aliran udara, prosedur evaluasi diri, prosedur Benchmarking atau pembandingan serta rancangan tindakan inovasi.
Downloads
References
Gaspersz, Vincent.(2002), ISO 9001:2000 and Continual Quality Improvement, Edisi Pertama, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Suardi, Rudi. (2003), Sistem Manajemen Mutu ISO 9000:2000 : Penerapan untuk mencapai TQM, Edisi Kedua, Penerbit PPM, Jakarta.
ISO 9000:2005, Sistem Manajemen Mutu – Dasar-Dasar dan Kosakata
ISO 9001:2008, Persyaratan dan Perubahan
ISO 9004:2009, Pengelolaan pada Sukses Berkelanjutan dari Suatu Organisasi
Rosiawan, M. (2008), Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, Edisi 1, Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Univeritas Surabaya, Surabaya.
Panduan Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT) Bidang Akademik.2006.Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.