HUBUNGAN ANTARA PROKRASTINASI AKADEMIK DAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI – UNIVERSITAS SURABAYA

  • Christinalia Selvy Oematan Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 6286 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 5960 times
Keywords: prokrastinasi akademik, prestasi akademik, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk memperdalam pengetahuan mengenai dinamika psikologis yang mengaitkan antara prokrastinasi akademik dan prestasi akademik mahasiswa. Oleh karena itu dilakukan uji hubungan antara variabel prokrastinasi akademik dan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi UBAYA. Selain itu penelitian ini dilakukan juga untuk melihat perbedaan prokrastinasi dan prestasi dari setiap angkatan. Prokrastinasi akademik diukur menggunakan tiga alat ukur, yaitu API, PASS-1 dan PASS-2. Sedangkan prestasi akademik diukur menggunakan IPK mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 509 mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2008 hingga angkatan 2011. Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa prokrastinasi akademik berhubungan negatif dengan prestasi akademik mahasiswa, tergantung pada alat ukur dan angkatan kuliah. Semakin bawah angkatannya, semakin prokrastinasi dapat memengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Hasil dari masing-masing alat ukur yaitu: API (r = 0,015); PASS-1 (r = 0,019) dan PASS-2 (r = -0,186). Sedangkan prestasi setiap angkatan secara statistik memiliki rata-rata yang tidak berbeda, namun memiliki intensitas dan alasan prokrastinasi yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akinsola, Tella, & Tella. (2007). Correlates of academic procrastination and mathematics achievement of university undergraduate students. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(4), 363-370.

Budianto. (2008). Hubungan antara motivasi prestasi dengan prokrastinasi akademik. Skripsi, tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

Gendron, A. L. (2005). Active procrastination, self-regulated learning and academic achievement in university undergraduates. Tesis, tidak diterbitkan, University of Alberta.

Kuhnle, C., Hofer, M., & Kilian, B. (2011). The relationship of self-control, procrastination, motivational interference and regret with school grades and life balance. Diskurs Kindheits- und Jugendforschung Heft (1), 31-44.

Lawless, A. (2010). The impact of procrastination and internet use on college students’ academic performance. Journal of Research Methods and Design, 11(2), 95-105.

Nugrasanti. (2006). Locus of control dan prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal Provitae, 2(1), 25-33.

Sahputra, N. 2009. Hubungan konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa S1 keperawatan semester III kelas ekstensi PSIK FK USU medan. Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara.

Seo, E. H. (2011). The relationship among procrastination, flow, and academic achievement. Social Behavior and Personality, 39(2), 208-218.

Steel, P. (2007).The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review ofquintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65-94.
Published
2013-03-01