HUBUNGAN ANTARA PROKRASTINASI AKADEMIK DAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI – UNIVERSITAS SURABAYA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk memperdalam pengetahuan mengenai dinamika psikologis yang mengaitkan antara prokrastinasi akademik dan prestasi akademik mahasiswa. Oleh karena itu dilakukan uji hubungan antara variabel prokrastinasi akademik dan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi UBAYA. Selain itu penelitian ini dilakukan juga untuk melihat perbedaan prokrastinasi dan prestasi dari setiap angkatan. Prokrastinasi akademik diukur menggunakan tiga alat ukur, yaitu API, PASS-1 dan PASS-2. Sedangkan prestasi akademik diukur menggunakan IPK mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 509 mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2008 hingga angkatan 2011. Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa prokrastinasi akademik berhubungan negatif dengan prestasi akademik mahasiswa, tergantung pada alat ukur dan angkatan kuliah. Semakin bawah angkatannya, semakin prokrastinasi dapat memengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Hasil dari masing-masing alat ukur yaitu: API (r = 0,015); PASS-1 (r = 0,019) dan PASS-2 (r = -0,186). Sedangkan prestasi setiap angkatan secara statistik memiliki rata-rata yang tidak berbeda, namun memiliki intensitas dan alasan prokrastinasi yang berbeda.
Downloads
References
Budianto. (2008). Hubungan antara motivasi prestasi dengan prokrastinasi akademik. Skripsi, tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.
Gendron, A. L. (2005). Active procrastination, self-regulated learning and academic achievement in university undergraduates. Tesis, tidak diterbitkan, University of Alberta.
Kuhnle, C., Hofer, M., & Kilian, B. (2011). The relationship of self-control, procrastination, motivational interference and regret with school grades and life balance. Diskurs Kindheits- und Jugendforschung Heft (1), 31-44.
Lawless, A. (2010). The impact of procrastination and internet use on college students’ academic performance. Journal of Research Methods and Design, 11(2), 95-105.
Nugrasanti. (2006). Locus of control dan prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal Provitae, 2(1), 25-33.
Sahputra, N. 2009. Hubungan konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa S1 keperawatan semester III kelas ekstensi PSIK FK USU medan. Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara.
Seo, E. H. (2011). The relationship among procrastination, flow, and academic achievement. Social Behavior and Personality, 39(2), 208-218.
Steel, P. (2007).The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review ofquintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65-94.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.