NEVER BE AFRAID HUBUNGAN ANTARA FEAR OF FAILURE DAN PROKRASTINASI AKADEMIK

  • Ivan Sebastian Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 3020 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 2646 times
Keywords: Prokrastinasi, fear of failure

Abstract

Prokrastinasi merupakan kecenderungan seseorang untuk menunda kegiatannya sampai pada saat-saat terakhir (Gafni & Geri 2010). Seseorang dengan kecemasan tinggi cenderung menunda pekerjaan mereka dengan alasan yang irasional (Steel, 2007). Fear of failure merupakan kecemasan atau kekhawatiran yang irasional yang akhirnya menurunkan kepercayaan diri untuk mengerjakan suatu tugas. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa fakultas psikologi UBAYA yang mengambil mata kuliah PAU. Jumlah subjek adalah 131 mahasiswa. Pengukuran prokrastinasi akademik dilakukan dengan Pure Procrastination Scale (PPS) yang mengukur prokrastinasi yang diakibatkan oleh irrational belief. Pengukuran fear of failure dilakukan menggunakan dua angket. Pertama yaitu PFAI yang dibuat oleh Conroy (2002) fear of failure secara umum. Kedua yaitu AAT yang terdiri dari dua subskala yang mengukur tentang kecemasan akademik yang digunakan sebagai pembanding. Hasil dari korelasi data yang ada menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara fear of failure dengan prokrastinasi (r = 0,339: p = 0,000).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burka, J. B., & Yuen, L. M. (2008). Procrastination: Why you do it, what to do about it now. Cambridge: Da Capo Press.

Gafni, R., & Geri, N. (2010). Time management: Procrastination tendency in individual and collaborative tasks. Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge, and Management, 5, 115-125.

Haghbin, M., McCaffrey, A., Pychyl, T.A.(2012) The complexity of the relation between fear of failure and procrastination. Springer Science+Business Media.

Hardiansyah, H. (2011) Ketakutan akan kegagalan (Fear of Failure) sebagai bentuk kepercayaan irasional (Irrational Belief) pada mahasiswa senior yang melakukan prokrastinasi akademik dengan cara menunda pengerjaan skripsi. (Skripsi, tidak diterbitkan). Universitas Airlangga, Surabaya.

Knaus (2011). Beat procrastination now. Diunduh dari http://www.psychologytoday.com/files/attachments/37646/beatprocrastinationnow_3.pdf

Nainggolan, L. (2007) Hubungan antara persepsi terhadap harapan orang dengan ketakutan akan kegagalan pada mahasiswa program studi psikologi universitas diponegoro semarang. Universitas Diponegoro, Semarang.

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503-509.

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoritical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65-94.

Van Wyk, L. (2004). The Relationship Between Prokrastination and Stress In The Life of The High School Teacher. University of Pretotia Etd
Published
2013-03-01