PENGARUH PRODUK LOW-PRICE (AMDK) DAN PRODUK HIGH-PRICE (SMARTPHONE) SERTA KEDALAMAN PROMOSI (SMARTPHONE) TERHADAP PILIHAN MESSAGE FRAMING DISKON PERSENTASE DAN NOMINAL: MELALUI METODE EKSPERIMEN

  • Dian Ambarwati Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Dudi Anandya Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Indarini Indarini Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 346 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 340 times
Keywords: Message Framing, Produk Low-price, Produk High-price, Lowdepth promosi, High-depth promosi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk low-price dan produk high-price serta kedalaman promosi (low-depth dan high-depth) terhadap pilihan message framing diskon persentase dan nominal. Dengan pilihan message framing diskon persentase dan nominal yang tidak tepat pada produk low-price dan produk high-price serta kedalaman promosi akan menurunkan minat beli konsumen. Penelitian ini dibagi menjadi dua studi, yaitu studi 1 menguji pengaruh produk low-price dan produk high-price terhadap pilihan message framing diskon persentase dan nominal dengan sampel 31. Menggunakan laboratory eksperimen dan pengolahan data menggunakan teknik multinomial logit dengan uji chi-square. Studi 2 menguji pengaruh kedalaman promosi terhadap pilihan message framing persentase dan nominal dengan sampel 41. Menggunakan laboratory eksperimen dan pengolahan data menggunakan teknik multinomial logit dengan uji chi-square Temuan penelitian menunjukkan bahwa produk low-price (AMDK) dan produk high-price (smartphone) mempengaruhi pilihan konsumen terhadap message framing diskon persentase dan nominal. Dan kedalaman promosi (smartphone) mempengaruhi pilihan konsumen terhadap message framing persentase dan nominal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdellaoui, Mohammed, Bleichrodt, Han, Paraschiv, Corina, 2007, Loss Aversion Under Prospect Theory: A Parameter-Free Measurament, Journal Of Management Science.

Chong, D, dan Druckman, N, James, 2007, Framing Theory, Annual Review Politics Sciences, Vol 10: 103-26.

Baker, K, H, Nofsinger, R, John, 2002, Phsychological Biases Of Investor, Financial Services Review.

DelVecchio, Devon, Krishnan, S.H, dan Smith, C. Daniel, 2007, Cent or percent ? The Effects of Promotion Framing on Price Expectation And choice, Journal of Marketing.

Fernie, F, Fernie, Suzane, dan Moore, C, 2003, Principles of Retailing, Buttlerworth-Heinemann.

Hansen, Flemming, Cristensen, R, Sverre, 2007, Emotion, Advertaising, and Consumer Choice, Copenhagen Bussines School Press.

Kotler, Philip, Keller, Kevin, Lane, 2009, Manajemen Pemasaran, edisi 12, Indeks.

Gendall, P, Hoek, J, Pope, T, Young, K, 2006, Massage Framing effect On Price Discounting, Journal of Product and Brand Management.

Lind, A, Douglas, Marchal, A.W, Wathen, A.S, 2007, Teknik-teknik Statistika dalam Bisnis dan Ekonomika, edisi 13, Salemba Empat.

Malhotra, K, Neresh, 2009, Marketing Research: An Applied Orientation 5/E, Pearson Education

McCharty, S, M, Heath, B, Timothy, Ryu, G, Chatterjee, S, Mothersbaugh, L, David, Milbreg, Sandra, Geath, J, Garry, 2000, Leveraging Competitive Disadvantages, Journal Of Consumer Research, Vol 27: 3.

Lee, H, 2008, Message Framing Effects Revisited: A Comparison of Direction of Moderating Effects of Enduring versus Situational Involvement, Marketing Research, Associate Professor, Department of
Advertising, Kookmin University

Tversky, A, Kahneman, D, 1981, The Framing of Decisions and The Phsychology of Choice, American Association for Advancement of Sciance, Vol 211: 453-456.

Gonzalez, C, Dana, Jason, Koshino, Hideya, Just, Marcel, 2005, The Framing Effect and Risky Decisions: Examining Cognitive Functions With FMRI, Journal of Economic Psychology, Vol 12: 1-20.

Umar, Husein, 2002, Metode Riset Bisnis, Gramedia Pustaka Utama.

Zikmund, Babin, Carr, Griffin, 2009, Business Research Methods, 8th, South-Western Cengage Learning.

http://www.uxmatters.com/mt/archives/2011/03/how-anchoring-orderingframing-and-loss-aversion-affect-decision-making.php diunduh pada tanggal diunduh tanggal 5 November 2012

http://www.csun.edu/~rk33883/FramingTheoryLectureUbertopic.htm diunduh tanggal 5 November 2012

http://www.unc.edu/depts/econ/byrns_web/Economicae/Figures/Prospect.htm diunduh pada tanggal 5 November 2012.

http://www.ats.ucla.edu/stat/spss/dae/mlogit.htm diunduh pada tanggal 29 Mei 2013

http://www.utexas.edu/courses/schwab/sw388r7/SolvingProblems/MultinomialLogisticRegression_BasicRelationships.ppt. diunduh pada tanggal 29 Mei 2013

http://www.ats.ucla.edu/stat/spss/output/mlogit.htm diunduh pada tanggal 24 Juni 2013

http://www.acrwebsite.org/search/view-conferenceproceedings.aspx?Id=7060 diunduh pada tanggal 24 Juli 2013.
Published
2013-09-20