PENGARUH SOCIAL INFLUENCE PROCESS TERHADAP PARTICIPATION BEHAVIOR PENGGUNATWITTER DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh social influence process terhadap participation behavior pengguna TWITTER di Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada semua pengguna aktif TWITTER di Surabaya. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM)dengan softwareLisrel 8.70. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis judgemental sampling. Data diperoleh secara langsung dari responden yang memenuhi karakteristik populasi yang ditentukan dengan menyebarkan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 120 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruhsubjective norm terhadapparticipation intention, social identity terhadap participation intention, dan participation intention terhadap participation behavior pengguna TWITTERdi Surabaya. Sedangkan, pengaruh group norm terhadap participation intention pengguna TWITTER di Surabaya tidak terbukti.
Downloads
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.