PENGARUH SOCIAL INFLUENCE PROCESS TERHADAP PARTICIPATION BEHAVIOR PENGGUNATWITTER DI SURABAYA

  • Angela Listiarini Prayitno Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 91 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 482 times
Keywords: Online Community, Social Influence Process, Participation Intention, Participation Behavior

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh social influence process terhadap participation behavior pengguna TWITTER di Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada semua pengguna aktif TWITTER di Surabaya. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM)dengan softwareLisrel 8.70. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis judgemental sampling. Data diperoleh secara langsung dari responden yang memenuhi karakteristik populasi yang ditentukan dengan menyebarkan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 120 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruhsubjective norm terhadapparticipation intention, social identity terhadap participation intention, dan participation intention terhadap participation behavior pengguna TWITTERdi Surabaya. Sedangkan, pengaruh group norm terhadap participation intention pengguna TWITTER di Surabaya tidak terbukti.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-09-20