PELATIHAN ANGER MANAGEMENT DENGAN METODE STOP PADA SISWA SMA “X” SURABAYA
Abstract
Pengelolaan ekspresi marah yang merupakan bagian dari tugas perkembangan remaja dikemas oleh peneliti dalam pelatihan anger management dengan metode STOP. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pelatihan anger management terhadap pengelolaan marah siswa di SMA X. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental (one group pretest-posttest design). Partisipannya adalah empat siswa kelas XII di SMA X, yang memiliki problem pengelolaan emosi yang diperoleh berdasarkan data self assessment for anger questionnaire (SAQ) serta observasi konselor dan wali kelas. Hasil penelitian secara kuantitatif menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan secara signifikan pengelolaan marah antara sebelum dan sesudah intervensi (anger behavior α = 0,050 dan anger belief α = 0,481). Hal itu dikarenakan waktu yang digunakan sangat singkat sedangkan partisipan yang mengalami kekerasan dalam keluarga memerlukan adanya self healing terlebih dahulu sebelum diajarkan cara mengelola kemarahan tersebut. Peneliti melihat ada perubahan pada partisipan dalam menghadapi pemicu kemarahan meskipun pada hasil statistic tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Secara umum, pelatihan anger management dengan metode STOP ini bisa diterapkan untuk membantu individu dalam mengelola kemarahannya. Pelatihan ini sebaiknya dilakukan secara lengkap disertai dengan self healing, serta adanya proses monitoring sebagai follow up.
Downloads
References
Adiati, Harrista. (2010). Pengelolaan Marah pada Karyawan di PT X. Tesis (Tidak diterbitkan. Surabaya : Pascasarjana Universitas Surabaya).
Alberti, Robert. & Michael Emmons. (2002). Your Perfect Right (Hidup Lebih Bahagia dengan Mengungkapkan Hak). Jakarta : Elex Media Komputindo.
Ali, M. & Asrori, M., (2004). Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Besley, K.R. (1999). Anger Management : Immediate Intervention by Counselor Coach (Professional School Counseling). Volume 3. Issue 2. American Counseling Assocation. ProQuest LLC.
Chaplin, J.P. (2008). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Davis, M.; Eshelman, E.R.; Mackay,M. (1995). Panduan Relaksasi dan Reduksi Stres. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Gentry, W.Doyle, Ph.D. (2007). Anger Management for Dummies. New York : Wiley Publishing. Inc.
Goleman, Daniel ; Richard Boyatzis & Annie Mc.Kee. (2004). Primal Leadership : Kepemimpinan Berdasarkan Kecerdasan Emosi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Gottman J & DeClaire. (1997). Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Gunarsa, S.D & Gunarsa, Y.S.D. (2000). Psikologi Praktis : Anak, Remaja dan Keluarga (cetakan keempat). Jakarta : BPK Gunung Mulia.
Hartanti & Nanik. (2007). Diktat Kuliah Intervensi Perilaku. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.
Helmi; Avin Fadilla, & Soedardjo. (1998). Beberapa Perspektif Perilaku Agresi. Buletin Psikologi Tahun VI, No.2 Desember.
Hurlock, E.B. (2000). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Manz, C.C. (2007). Management Emosi. Yogyakarta : Think.
Martin, Anthony Dio. (2003). Emotional Quality Management : Refleksi, Revisi, dan Revitalisasi Hidup Melalui Kekuatan Emosi. Jakarta : Arga.
Ma’ruf, H. (2010). Intervensi Perilaku Agresif Siswa Melalui Pembelajaran Keterampilan Emosional. Diambil pada tanggal 16 Agustus 2010 dari http://hidayah_ilayya.blogspot.com/2009/08/intervensi-perilaku-agresif-aggressive-31.html.
Modi, Deepika; Nutankumar S. Thingujam. (2007). Role of Anger and Irrational Thinking on Minor Physical Health Problems among Married Couples. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, Januari, Vol.33, No.1, 119-128.
Monks, F.J., Knoers, A.M.P., Haditono, S.R. (2001). Psikologi PErkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya (cetakan kesebelas). Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Nay, W.Robert, Ph.D. (2007). Mengelola Kemarahan. Jakarta : PT SUN.
Nickerson A.B & Coleman M.N. (2006). An Exploratory Study of Member Attraction, Climate, and Behavioral Outcomes of Anger-Coping Group Therapy for Children with Emotional Disturbance, Small Group Research. London : Sage Publication.
Nuroniya, Ri’fah. (2010). Pelatihan Keterampilan Interpersonal untuk Mengurangi Perilaku Agresi Siswa di SMP Khadijah Surabaya. Tesis (Tidak diterbitkan. Surabaya : Pascasarjana Universitas Surabaya).
Papu, Johanes. (2003). Mengendalikan Amarah. Diambil pada tanggal 15 Februari 2012 dari http://dennyhendrata.wordpress-com/2006/09/21/-mengendalikan amarah.
Ramdhani, Neyla, Adhiyos Aulia Putra. (2010). Studi Pendahuluan Multimedia Interaktif Pelatihan Relaksasi. Diambil pada tanggal 30 Maret 2012 dari http://lib.ugm.ac.id/data/pubdata/relaksasi.pdf.
Rifai,M.S.S. (1983). Psikologi Perkembangan Remaja: Dari Segi Kehidupan Sosial. Jakarta: Bina Aksara.
Rochelle. (1986). Emosi : Bagaimana Mengenal, Menerima & Mengarahkannya. Yogyakarta : Kanisius.
Santrock, J.W. (2003). Live Span Development (7th ed.). Boston:McGraw Hill.
Smith, Stephen W., John E.Lochman, Ann P.Daunic. (2005). Managing Aggression Using Cognitive Behavioral Interventions : State of the Practice and Future Directions (Behavioral Disorders). Volume 30. Issue 3. Counseling for Children with Behavioral Disorders. ProQuest. LLC.
Tanadi, Meliani. (2007). Perbedaan Pengelolaan Emosi pada Siswa SMP Sebelum dan Sesudah Mendapatkan Pelatihan Anger Management. Skripsi (Tidak diterbitkan. Surabaya : Fakultas Psikologi Universitas Surabaya).
Yoseph, Iyus Skp.M.Si. (2000). Handout Perkuliahan Psikologi Bagian Keperawatan Jiwa Fakultas Ilmu Keperawatan. Bandung : Universitas Padjajaran.
Yusuf, S. (2006). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Yuwono, C.D.Ino; M.G.Bagus Ani Putra. (2005). Faktor Emosi dalam Proses Perubahan Organisasi. INSAN Vol.7 No.3, Desember.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.