APLIKASI WEB MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI

  • Sheren - Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 266 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 2493 times
Keywords: manajemen proyek, sistem informasi, CodeIgniter

Abstract

Pengembangan proyek sistem informasi memiliki tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu waktu, anggaran dan tujuan. Sistem informasi yang dikembangkan dapat dikatakan sukses jika waktu, anggaran dan tujuan sesuai dengan perencanaan. Untuk mencapai kesuksesan tersebut, maka dibutuhkan manajemen dalam mengembangkan proyek sistem informasi. Manajemen proyek yang dilakukan secara manual akan menyulitkan pihak pengembang untuk berkomunikasi antar sesama tim pengembangnya. Selain itu, kesulitan lainnya adalah dalam hal penyimpanan dokumen – dokumennya, catatan perencanaan dan pelaksanaan yang masih terpisah sehingga sulit untuk mengetahui perbedaan antara perencanaan dan pelaksanaan. Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, maka dibuat sebuah aplikasi yang dapat melakukan manajemen proyek sistem informasi. Pembuatan aplikasi ini memanfaatkan beberapa teori pengetahuan tentang rekayasa perangkat lunak, manajamen proyek sistem informasi dan framework CodeIgniter.  Program aplikasi web manajemen proyek sistem informasi yang telah selesai dibuat, diuji coba untuk memastikan bahwa fitur program telah berjalan dengan benar dan sudah sesuai dengan ruang lingkup. Uji coba dilakukan dengan menggunakan skenario uji coba dan kombinasi inputan. Hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa program aplikasi telah bebas dari kesalahan. Jika ada kesalahan, maka dilakukan perbaikan dan mengulangi uji coba. Kemudian, program aplikasi juga di evaluasi kepada tiga orang responden yang bekerja di software house. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa program telah sesuai dengan tujuan pembuatan aplikasi. Hasil evaluasi dari tiga orang responden menyatakan bahwa aplikasi telah membantu manajemen proyek (pembuatan jadwal rencana hingga realisasi), pemantauan dan kontrol melalui catatan tiap detil tugas, hak akses, notifikasi dan laporan perkembangan proyek.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hallows, J., 2005. Information System Project Management: How To Deliver Function And Value In Information Technology Projects. 2nd ed. New York : American Management Association.

Myer, Thomas. 2008. Professional CodeIgniter. [pdf] Indianapolis : Wiley Publishing, Inc. Tersedia di : http://www.wrox.com [diakses 30 Mei 2013].

Pressman, R.S., 2005. Software Engineering: A Practitioner’s Approach. 6th ed. New York : McGraw-Hill Companies, Inc.

Project Management Institute, 2008. A Guide To The Project Management Body Of Knowledge. 4th ed. Pennsylvania : Project Management Institute, Inc

Suhartini.,2005. Keadilan Dalam Pemberian Kompensasi. Siasat Bisnis, 2, Hal. 103-104.
Published
2013-09-20