PENJADWALAN PERAWATAN DAN PENGGANTIAN SPARE-PARTS DI PO X, BOJONEGORO

  • Adi Indra Winata Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya
  • Dina Natalia Prayogo Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya
  • Arbi Hadiyat Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya
Abstract Views: 474 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 5463 times
Keywords: Preventive Maintenance, Inventory, Sistem Database

Abstract

PO X merupakan perusahaan berbadan hukum berbentuk Perusahaan Otobus yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan transportasi angkutan umum yang berlokasi di Kota Bojonegoro. Jasa yang ditawarkan oleh PO X adalah jasa transportasi angkutan umum dengan menggunakan armada bus.  Selama ini perusahaan hanya melakukan perawatan jika terjadi kerusakan pada bus, kerusakan ini menyebabkan bus tidak dapat beroperasi sesuai jadwal yang seharusnya. Tidak adanya penjadwalan menyebabkan kurang dapat memprediksi kapan bus akan rusak dan melakukan pencegahan sebelum terjadi kerusakan. Waktu penggantian kerusakan yang dilakukan perusahaan untuk kondisi awal yaitu selama 2237,25 jam. Selain itu perusahaan kurang dalam mengatur inventory yang dimilikinya. Perhitungan total biaya keseluruhan untuk kondisi awal dimana perusahaan hanya melakukan perawatan jika terjadi kerusakan yaitu sebesar Rp 391.060.800,- . Untuk mengatasi permasalahan yang ada, dilakukan penjadwalan perawatan secara preventive. Langkah yang dilakukan yaitu mengelompokan waktu antar kerusakan menggunakan Kruskall-Wallis, melakukan uji untuk menentukan distribusi yang tepat, menentukan jadwal perawatan spare-parts, menentukan jumlah stok minimal, serta membuat sistem informasi sebagai usulan untuk perusahaan. Hal ini diharapkan dapat membantu perusahaan supaya dapat mengetahui umur maksimal yang dimiliki tiap spare-parts dan dilakukan perawatan sebelum terjadi kerusakan dan menyebabkan bus tidak jalan. Lama waktu untuk penggantian pencegahan yaitu selama 1767,8 jam dan memberikan presentase penurunan waktu sebesar 21%.  Penyusunan jadwal preventive maintenance dilakukan pada spare-parts kampas rem depan kiri, kampas rem depan kanan, kampas rem belakang kanan, kampas rem belakang kiri boeml / wisata, karet rem dan tutup rem boeml / wisata, filter solar, dan filter oli. Setelah melakukan preventive maintenance, total biaya keseluruhan yang dikeluarkan perusahaan sebesar Rp 344.219.202,- . Presentasi penurunan biaya untuk kondisi awal kondisi usulan sebesar 12 %. Dalam pengaturan inventory perlu adanya safety stok untuk tiap spare-parts yang dibahas. Safety stock untuk spare-parts kampas rem depan kiri sebanyak 1, filter oli sebanyak 3, dan untuk spare-parts kamaps rem depan kanan, kamapas rem belakang kiri boeml / wisata, kampas rem belakang kanan, karet rem dan tutup rem boeml / wisata, serta filter oli sebanyak 2.  Berdasarkan keseluruhan analisis dan pengolahan data yang telah dilakukan, maka dibuat usulan perbaikan untuk PO X dengan merancang sistem database berbasis web offline XAMPP. Program XAMPP membantu perusahaan dalam melakukan pencatatan data sehingga lebih terkomputerisasi. Program ini berisi tambah stok, pakai spare-parts, jadwal, stok, dan rekap spare-parts. Dengan adanya program XAMPP diharapkan dapat membantu perusahaan dalam  kemudahan mendapatkan informasi tentang jadwal dan jumlah pemakaian spare-parts yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H.M, Jogiyanto. (1990). Analisis & Disain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Makridakis, Spyros & Wheelwright, Steven C.. (1994). Metode-metode Peramalan untuk Manajemen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Ristono, Agus. (2009). Manajemen Persediaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rizky, Soetam. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sutabri, Tata. (2005). Sitem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi.

Tersine, Richard J.. (1994). Principles of Inventory and Materials Management. New Jersey, USA: Prentice-Hall International.

Tim Dosen. (2007). Diktat Kuliah Manajemen Persediaan. Surabaya: Universitas Surabaya.

Varhol, Peter D.. (1992). Object Oriented Programming. California, USA: Computer Technology Research Corp..

Yamit, Zulian. (1999). Manajemen Persediaan, Yogyakarta: Ekonosia-FE UII.
Published
2013-09-20