STUDI APLIKASI PEMBUATAN BENTUK 3D WAJAH MANUSIA DARI DATA DIGITAL 2D PADA MESIN ENGRAVING ROLAND MDX-40

  • Anugerah Kristianto S. Jurusan Teknik Manufaktur Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 84 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 127 times
Keywords: Roland MDX-40, model 3D, relief 3D, wajah manusia, engraving, data digital

Abstract

Mesin Roland MDX-40 sering diaplikasikan pada dunia industri untuk membuat prototip model 3D yang mengutamakan segi tampilan bentuk produk saja. Pada  umumnya, penelitian yang banyak dilakukan menghasilkan bentuk komponen 3D dari data digital 2D, atau bentuk 2.5D dengan data digital 2D. Sampai saat ini jarang dilakukan penelitian pada mesin MDX-40 mengenai pembuatan bentuk 3D komponen dari data digital 2D. Salah satu contohnya adalah pembuatan bentuk 3D wajah manusia yang berasal dari data digital 2D. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari  prinsip kerja dan parameter yang berpengaruh untuk aplikasi pembuatan bentuk 3D wajah manusia. Jenis data 2D yang digunakan adalah hasil foto digital berformat JPEG. Penelitian diawali dengan pengambilan foto wajah manusia menggunakan kamera Canon EOS100D. Untuk menghilangkan bagian yang tidak diperlukan dilakukan pengeditan dengan menggunakan software untuk picture editing. Lalu dilakukan pengubahan size foto digital  serta pengubahan file size data 2D. Hasil dari proses editing 2D dikonversikan menjadi model 3D melalui software ArtCAM. Pada tahap ini, format 2D dikonversikan menjadi data 3D dengan format STL. Selanjutnya dilakukan proses pembuatan toolpath menggunakan software Modela Player 4, serta menentukan parameter proses pemesinannya. Pemesinan melalui dua proses yaitu roughing dengan pahat end mill R2.5, serta finishing dengan pahat ball nose R2. Data toolpath ditransfer ke mesin lalu dilakukan proses pemesinan pada material. Hasil konversi data dianalisis guna mengetahui bagaimana proses yang tepat untuk mengkonversi data digital 2D wajah manusia menjadi bentuk relief 3D. Sedangkan model relief 3D hasil pemesinan digunakan sebagai respon pembanding untuk menentukan parameter konversi dan parameter pemesinan yang lebih baik. Dari penelitian idapat disimpulkan bahwa mesin Roland MDX-40 mampu  untuk aplikasi pembuatan komponen 3D berbentuk wajah manusia dari data digital 2D. Eksperimen terbaik dihasilkan eksperimen yang menggunakan smooth relief 1, invert relief concave shape, dan path interval 0.1 mm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yean C. K., Kai C. C., Ong T., Feng L,, Creating Machinable Textures for CAD/CAM Systems, The International Journal of Advance Manufacturing Technology, Singapore: Nanyang University, 1998.

Th. Dwiati Wismarini Th. D., Pemanfaatan Software ArtCAM untuk Peningkatan Produk Cetakan/ Matras dalam Skala Industri Menengah ke Bawah, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, volume X, No 2, Semarang, Universitas Stikubank, 2005.

Roland MDX-40 User’s Manual http://www.e-engraving.com/machines/roland/Roland_MDX- 40_Modela.htm

http://zeroseven.students.uii.ac.id/2012/06/01/artcam-tutorial/ www.curbellplastics.com/technical.../plastics-machining-guidelines.pdf
www.curbellplastics.com/technical.../plastics-machining-guidelines.pdf
Published
2013-09-20