EVALUASI PERAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS KINERJA SALESMAN PADA CV. TRIJAYA SENTOSA DI BOJONEGORO

  • Fransisca Angelia Pauline Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 226 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 466 times
Keywords: sistem pengendalian manajemen, masalah pengendalian, analisis cause-effect, salesman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran sistem pengendalian manajemen dalam meningkatkan efektivitas kinerja salesman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian yaitu perusahaan CV Trijaya Sentosa di Bojonegoro. Sumber data untuk penelitian ini adalah narasumber yang terdiri dari direktur, supervisor, dan salesman. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi-structured, observasi, dan analisis dokumen. Hasil evaluasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian manajemen yang diterapkan masih memiliki beberapa kelemahan. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis cause effect dari masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan saat ini. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa sistem pengendalian manajemen yang diterapkan masih perlu dilakukan perbaikan untuk meningkatkan capaian kinerja salesman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anthony, R. N., dan V. Govindarajan. 2007. Management Control Systems Twelf Edition. Mc Graw Hill.

Caratri, E. 2013. Peran Sistem Pengendalian Manajemen dalam Bisnis. http://vibizconsulting.com/about/leadersnote/53

Efferin, S., dan B. Soeherman. 2010. Seni Perang Sun Zi dan Sistem Pengendalian Manajemen. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Endri. 2012. Peran Human Capital dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan: Suatu Tinjauan Teoritis dan Empiris. Universitas Bakrie.

Horngren, Charles T., Datar, Srikant M. dan Rajan, Madhav V. 2012. Cost Accounting Fourteenth Edition. Pearson.

Mahardikaningtyas, Nugroho, Bambang A. dan Hartono B. 2013. Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Susu UHT (Ultra High Temperature) di Giant Hypermart Kota Malang. Universitas Brawijaya.

Malmi, T. dan Brown, David A. 2008. Management Control System as a package-opportunities, challenges and research directions. Management accounting research 19 (2008) 287-300.

Maulina, L. 1 April 2012. Penjualan Produk Susu dan Olahannya Tumbuh 7%. http://www.livestockreview.com/2012/04/penjualan-produk-susu-dan-olahannya-tumbuh-7/.

Merchant, K. A., dan W. A. Van der Stede. 2007. Management Control Systems: Performance Measurement, Evaluation, and Incentives. Prentice Hall.

Meisya, N. 2011. Strategi Pemasaran Susu Pasteurisasi di Koperasi Produksi Susu (KPS) Bogor, Jawa Barat. Bogor Agricultural University.

Romney, Marshall B. dan Steinbart, Paul J. 2008. Accounting Information Systems Eleven Edition. Pearson.

Tuomela, T. 2005. The Interplay of Different Levers of Control: A Case Study of Introducing A New Performance Measurement System. Management Accounting Research 16 (2005) 293-320.

Watts, T. dan McNair, Carol J. 2012. New Performance Measurement and Management Control Systems. University of Wollongong research online.

Yudhasmara. 31 Mei 2011. Bisnis Susu Formula Menggiurkan, Kalahkan ASI. http://newindonesiaonline.wordpress.com/2011/05/31/bisnis-susu-formula-menggiurkan-kalahkan-asi/
Published
2014-03-01