RELEVANSI KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF ZHUGE LIANG (诸葛亮) DAN “FAMILLINESS” DALAM IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN STUDI KASUS DI UD X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan konsep “Familliness” dengan SPM UD X dan menguji relevansi kepemimpinan dengan perspektif Zhuge Liang (诸葛亮) pada UD X yang merupakan perusahaan keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode triangulasi dan merupakan basic research. Penelitian ini dilakukan pada salah satu perusahaan keluarga di surabaya yang bergerak di bidang produksi dan penjualan mainan anak-anak khususnya monopoli. Penelitian ini akan mencoba mengaplikasikan konsep ”Familliness” yang ditulis oleh Allison W. Pearson(2008) kepada salah satu perusahaan keluarga di surabaya yakni UD X. Selain itu penelitian ini akan menguji relevansi kepemimpinan pada karya sastra Samkok khususnya pemikiran Zhuge Liang (诸葛亮) dengan implementasi SPM. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pada karya sastra samkok khususnya pemikiran Zhuge Liang (诸葛亮) masih relevan dengan perusahaan keluarga modern saat ini meskipun teori tersebut telah ada sejak tahun 350. Konsep “Familliness” sangat berperan dalam kinerja operasional pada perusahaan keluarga khususnya UD X.
Downloads
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.