PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS KARTU PRABAYAR TELKOMSEL SIMPATI DENGAN MEDIASI SWITCHING COST
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kepuasan konsumen dan kepercayaan terhadap loyalitas dengan mediasi switching cost pada kartu prabayar Telkomsel Simpati. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang menggunakan kartu prabayar Telkomsel Simpati. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Mean dan Structur Equation Model (SEM) dengan menggunakan SPSS for Windows 18.00 dan Amos 18.00. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis convenience sampling. Data diperoleh secara langsung dari responden yang memenuhi karakteristik populasi yang ditentukan dengan menyebarkan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan berpengaruh secara positif terhadap loyalitas pada kartu prabayar Telkomsel Simpati. Sedangkan untuk Switching Cost tidak berpengaruh secara positif terhadap loyalitas. Selain itu, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan tidak berpengaruh secara positif terhadap Switching Cost.
Downloads
References
Bakar, Abu. 2010. “Analisis Pengaruh Customer Satisfaction, Switching Cost, dan Trust In Brand Terhadap Customer Retention (Studi Kasus: Produk Kartu Seluler Prabayar simPATI Wilayah Semarang)”. Jurnal Manajemen Pemasaran. 21.
Griffin, J. 1995. “Customer loyalty: How to earn it, how to keep it”. New York: Lexington Books.
Ishak, Asmai dan Zhafiri Luthfi. 2011. “Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas: Studi Tentang Peran Mediasi Switching Costs”. Jurnal Siasat Bisnis. 55-56.
Juliani., Leni. 2010. “Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Pada Produk Kartu Simpati”. Jurnal IPB.
Koskela, Heikki. 2002. “Customer Satisfaction and Loyalty in After Sales Service: Modes of Care in Telecommunications Systems Delivery”. HUT Industrial Management and Work and Organizational Psychology, Report No 21
Lacey, Russel. 2007. “Relationship Drivers Of Customer Commitment”. Journal of Marketing Theory And Practice. 315.
McKnight, D. H., Choudhury, V., & Kacmar, C. 2002. “Developing and validating trust measures for e-commerce: An integrative typology”. Information Systems Research.
Nofriana , Wika. 2010. “Pengaruh Trust dan Switching Cost terhadap Komitmen Pelanggan (Studi pada Pelanggan KFC Veteran Kota Padang)”. Jurnal Pemasaran. 4.
Ranaweera, C. and Prabhu, J. 2003. “The Influence of Satisfaction, Trust, and Switching Barriers on Customer Retention in a Continuous Purchasing Setting”. International Journal of Service Industry Management, Vol. 14, No. 3/4, pp. 374-395.
Rousseau, D.M., S. Sitkin, R.S. Burt and C. Camerer. 1998. “Not so different after all: A cross-discipline view of trust”. Academy of Management Review.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.