PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS KARTU PRABAYAR TELKOMSEL SIMPATI DENGAN MEDIASI SWITCHING COST

  • Johanna Tania Gunawan Jurusan Manajemen Layanan dan Pariwisata Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 432 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 345 times
Keywords: Loyalitas, Kepuasan Konsumen, Kepercayaan, Switching Cost

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kepuasan konsumen dan kepercayaan terhadap loyalitas dengan mediasi switching cost pada kartu prabayar Telkomsel Simpati. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang menggunakan kartu prabayar Telkomsel Simpati. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Mean dan Structur Equation Model (SEM) dengan menggunakan SPSS for Windows 18.00 dan Amos 18.00. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis convenience sampling. Data diperoleh secara langsung dari responden yang memenuhi karakteristik populasi yang ditentukan dengan menyebarkan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan berpengaruh secara positif terhadap loyalitas pada kartu prabayar Telkomsel Simpati. Sedangkan untuk Switching Cost tidak berpengaruh secara positif terhadap loyalitas. Selain itu, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan tidak berpengaruh secara positif terhadap Switching Cost.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assael H. 1994. “Customer Behavior and Marketing Action”. Boston Masachusetts: PWS-Kelling Publishing Company.

Bakar, Abu. 2010. “Analisis Pengaruh Customer Satisfaction, Switching Cost, dan Trust In Brand Terhadap Customer Retention (Studi Kasus: Produk Kartu Seluler Prabayar simPATI Wilayah Semarang)”. Jurnal Manajemen Pemasaran. 21.

Griffin, J. 1995. “Customer loyalty: How to earn it, how to keep it”. New York: Lexington Books.

Ishak, Asmai dan Zhafiri Luthfi. 2011. “Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas: Studi Tentang Peran Mediasi Switching Costs”. Jurnal Siasat Bisnis. 55-56.

Juliani., Leni. 2010. “Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Pada Produk Kartu Simpati”. Jurnal IPB.

Koskela, Heikki. 2002. “Customer Satisfaction and Loyalty in After Sales Service: Modes of Care in Telecommunications Systems Delivery”. HUT Industrial Management and Work and Organizational Psychology, Report No 21

Lacey, Russel. 2007. “Relationship Drivers Of Customer Commitment”. Journal of Marketing Theory And Practice. 315.

McKnight, D. H., Choudhury, V., & Kacmar, C. 2002. “Developing and validating trust measures for e-commerce: An integrative typology”. Information Systems Research.

Nofriana , Wika. 2010. “Pengaruh Trust dan Switching Cost terhadap Komitmen Pelanggan (Studi pada Pelanggan KFC Veteran Kota Padang)”. Jurnal Pemasaran. 4.

Ranaweera, C. and Prabhu, J. 2003. “The Influence of Satisfaction, Trust, and Switching Barriers on Customer Retention in a Continuous Purchasing Setting”. International Journal of Service Industry Management, Vol. 14, No. 3/4, pp. 374-395.

Rousseau, D.M., S. Sitkin, R.S. Burt and C. Camerer. 1998. “Not so different after all: A cross-discipline view of trust”. Academy of Management Review.
Published
2014-03-01