PENGARUH ANTESEDEN MOTIVATION, OPPORTUNITY, DAN ABILITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PENGGUNA AKUN TWITTER DI SURABAYA MELALUI KNOW-HOW EXCHANGE DAN CUSTOMER VALUE
Abstract
Komunikasi merupakan kebutuhan dasar manusia sebagai makhluk sosial. Dengan berkembangnya zaman, berkembang pula cara untuk berkomunikasi. Dari yang hanya bertatap muka, kini berkembang melalui media baik dari surat kabar, radio, televisi maupun internet. Di dalam internet, ada fasilitas untuk saling bersosialisasi yaitu dengan media sosial. Salah satu media sosial yang cukup fenomenal saat ini adalah Twitter.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh anteseden Motivation, Opportunity, Ability terhadap Customer Loyalty pengguna akun Twitter di Surabaya melalui Know-How Exchange dan Customer Loyalty. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer, yaitu data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Target populasi adalah pemilik dan pengguna akun Twitter yang dalam satu bulan terakhir aktif menggunakan dan meng-update tweets. Karakteristik populasi adalah responden pria atau wanita, minimal pendidikan SMA, dan berdomisili di Surabaya.Penelitian ini dilakukan melalui pengambilan sampel dengan metode non probability sampling, dengan teknik judgement sampling dan menggunakan skala pengukuran yaitu numerical scale. Teknik estimasi dalam penelitian ini menggunakan Maximum Likelihood yang merupakan teknik paling populer digunakan pada penelitian SEM. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode Stuctural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software LISREL 8.7.Dari hasil penelitian di dapatkan hasil bahwa anteseden Motivation dan Ability memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Know-How Exchange akun Twitter di Surabaya. Sedangkan anteseden Opportunity tidak memiliki perngaruh yang signifikan terhadap Know-How Exchange akun Twitter di Surabaya. Variabel Know-How Exchange dan Customer Value akan membentuk Customer Loyalty pengguna akun Twitter di Surabaya.
Downloads
References
Boyd, Danah M., and Ellison, Nicole B., (2007), Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship, Journal of Computer-Mediated Communication 13(1), article 11.
Carlsson, L (2010). Marknadsföring Och Kommunikation I Sociala Medier. Givande Dialoger, Starkare Varumärke, Kreafon : Ökad Försäljning.
Effendy, Onong Uchjana, (2003) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ferdinand, A., (2002). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ferdinand, A., (2002), Structural Equation Moseling Dalam Penelitian Manajemen Aplikasi Model-Model Rumit Dalam Penelitian Untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor, Fakultas Ekonomi UNDIP, Semarang.
Griffin, Jill. (1995). Customer Loyalty: How to Earn it, How to Keep it. New York: Lexington Books.
Gruen, Thomas W., Osmonbekov, Talai., and Czaplewski, Andrew J. (2006), “Customer-to-customer exchange: Its MOA antecedents and its impact value creation and loyalty”, Journal of the Academy Marketing Science, Vol. 35, pp. 537-549.
Gruen, Thomas W., and Czaplewski, Andrew J. (2007), “eWOM: The impact of customer-to-customer online know-how exchange on customer value and loyalty”, Journal of Business Research, Vol. 59, pp. 449-456.
Gruen, Thomas W., Osmonbekov, Talai., and Czaplewski, Andrew J. (2006) “How e-communities extend the concept of exchange in marketing: An appication of the motivation, opportunity, ability (MOA) theory”, Marketing Theory, Vol. 5, pp. 33-49.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anders on, R. E. and Tatham, R. L. (2006). Multivariate data analysis (6th ed.), Pearson Prentice Hall, Uppersaddle River.
Kaplan, Andreas M,. Haenlein, Michael,. (2010), Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media, Business Horizons Vol. 53,pp. 59-68.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2006). Principles of Marketing. Eleven Edition. New Jersey: Prentice Hall Inc.
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2. (Alih bahasa: Bob Sabram, dkk). Jakarta: Erlangga.
Lin, Hsiu-Fen, (2006), Understanding Behavioral Intention to Participate in Virtual Communities, Cyber Psychology & Behavior Vol. 9 No.5 : 540-545.
Lin, Hsiu-Fen, (2007), The Role of Online and Offline Features in Sustaining Virtual Communities : An Empirical, Internet Research Vol. 17 No.2 : 119-138.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.