PENGARUH STORE ENVIRONMENT, SHOPPING ENJOYMENT TENDENCY, IMPULSE BUYING TENDENCY TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI POSITIF AFFECT, NEGATIVE AFFECT DAN URGE TO BUY IMPULSIVELY DI RANCH MARKET GALAXY MALL SURABAYA

  • Gebbi Fretty Rumamby Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 213 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 180 times
Keywords: Impulse Buying, Positve/Negative Affect, Store Environment, Urge

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh store environment, impulse buying tendency, shopping enjoyment tendency terhadap impulse buying melalui positive affect, negative affect dan urge to buy impulsively di Ranch Market Galaxy Mall. Penelitian dilakukan di Ranch Market Galaxy Mall. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software LISREL versi 8.7. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan jenis convenience sampling. Data diperoleh melalui survei dengan menanyakan langsung kepada responden melalui kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 145 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Store Environment terhadap Positive Affect, Store Environment terhadap Negative Affect, Store Environment terhadap Urge to Buy Impulsively, Shopping Enjoyment Tendency terhadap Positive Affect, Positive Affect terhadap Urge to Buy Impulsively, dan Urge to Buy Impulsively terhadap Impulse Buying. Sedangkan pengaruh Negative Affect terhadap Urge to Buy Impulsively  tidak terbukti. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anandya, D., Suprihhadi, H., 2005, Riset Pemasaran, Bayumedia Publishing.

Dameyasani, A.W., Abraham, Juneman, 2013, Impulsif Buying, Cultutral Values Dimensions, And Symbolic Meaning Of Money: A Study On College Student In Indonesia’s Capital City And Its Surrounding, International Journal of Research Studies In Psychology, Vol. 2 No.4, 35-52, October 2013.

Ferdinand, Augusty, 2002, Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen Aplikasi Model-Model Rumit Dalam Penelitian Untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor, Fakultas Ekonomi UNDIP, Semarang.

Mohan, Geeta, Bharadhwaj, S., Piyush, Sharma, 2013, Impact Of Store Environment On Impulse Buying Behavior, European Journal Of Marketing, Vol. 47: 1711-1732.

Jondry, A.H., 2012, Model Kecenderungan Pembelian Impulsif, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 11 No.11, 2012.

Kotler, P., Keller, K.L., 2008, Marketing Management, 12th Edition, Pearson Prentice Halls.

Wijanto, Setyo Hari, 2008, Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8 : Konsep dan Tutorial, Graha Ilmu.
Published
2014-03-01