STUDI DESKRIPTIF PUBLIC SERVICE QUALITY JAMAAH HAJI DI EMBARKASI SURABAYA TAHUN 2012-2013

  • Hanif Alrozy Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 91 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 83 times
Keywords: Service, Public Service Quality, Embarkasi Surabaya

Abstract

Penelitian ini adalah berjenis riset deskriptif  karena dalam penelitian ini tidak memuat tentang pernyataan menerima atau menolak hipotesis penelitian. Dimensi dari Public Service Quality meliputi Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang memperoleh data mengenai penilaian atas Public Service Quality Embarkasi Surabaya. Secara keseluruhan, persepsi responden terhadap Public Service Quality jamaah haji di Embarkasi Surabaya adalah  positif. Tangible adalah dimensi yang dipersepsikan paling positif karena dengan nilai rata-rata tertinggi diantara dimensi Public Service Quality lainnya. Sedangkan dimensi Public Service Quality dengan penilaian terendah adalah Responsiveness.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boone & Kurtz, 1995, Contemporary Marketing Plus, penerbit Hacourt Brace & Comapany

Buku Kementrian Agama R.I, 2010, Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, penerbit Kementrian Agama R.I, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Buku Kementrian Agama R.I, 2012, Laporan Pelaksanaan Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Embarkasi Surabaya, penerbit Kementrian Agama R.I.

Ilhaamie, 2010, Service Quality In Malaysian Public Service: Some Findings, International journal of trade, Economics and finance, Vol.1. No.1, pp 40-45.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, penerbit PT Mancana Jaya Cemerlang

Kustini, A.Aziz, 2007, Ibadah Haji Dalam Sorotan Publik, penerbit Kementrian Agama R.I, Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Kehidupan Keagamaan, Jakarta

Lupiyoadi, Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2, penerbit Salemba Empat, Jakarta

P. Ramseook-Munhurrun, 2010, Service Quality In The Public Service, International Journal of Management and Marketing Research, Volume 3, Number 1, pp 37-50.

Payne, Andrian, The Essence of Service Marketing, penerbit Prentice Hall International (UK) Ltd.

Soekadijo, R.G, 2000, Anatomi Pariwisata, penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Syaukani, 2009, Manajemen Pelayanan Haji Di Indonesia, penerbit CV. Prasasti, Jakarta

Tjiptono, Fandy,1996, Manajemen Jasa, penerbit Andi, Yogyakarta

W. Glynn Mangold. Emin Babakus (1991) “ Service Quality: the front stage us the back stage perspective”. Journal of Service Marketing. Vol 5. Iss:4, pp. 59-70.
Published
2014-03-01