ANALISIS FAKTOR FESTIVAL QUALITY ANIME FESTIVAL ASIA INDONESIA 2014

  • Robin Winyoto Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 103 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 266 times
Keywords: Service Quality, Serviescape, Festival Quality

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi faktor-faktor Festival Quality pada penelitian sebelumnya masih relevan digunakan pada saat ini. Obyek yang diambil adalah festival Anime Festival Asia Indonesia 2014 (AFA ID 2014). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 18 for windows. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis convinience sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 150 responden.Data di olah menggunakan mean , standar deviasi , dan Confirmatory Faktor Analisis.Penelitian ini menyatakan dari 6 dimensi Festival Quality yaitu (1)Facilities, (2)staff, (3)Comfort Aminities, (4) information, (5)Convenience, (6)Program  yang terbagi dalam 27 pertanyaan pada penelitian sebelumnya masih relevan digunakan untuk penelitian. Hanya terdapat 4 elemen pertanyaan yang tidak digunakan karena tidak memenuhi loading faktor yang ditentukan. Dari keenam faktor festival quality faktor comfort aminitiesdapat digambarkan paling baik dengan eigenvalue sebasar 2,72 dan varian explain 90,73 dinyatakan dalam 3 item pernyataan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baker DA, Crompton JL (2000). Quality, satisfaction and behavioral intentions. Ann. Tourism Res., 27(3): 785-804.

Chang CM, Chen CT, Hsu CH (2002). A review of service quality in corporate and recreational sport/ritness programs. The Sport J. 5(3).

hen, Wen-Chiang, Le, Cheng-Fei, & Lin, Ling-Zhong. (2012). Investigating Factor Affecting Festival Quality : A Case Study Of Neimen Song Jiang Jhen Battle Array, Taiwan. Afrcan Jurnal Of Marketing Manajement Vol. 4(2),

Cole ST, Chancellor HC (2009). Examining the festival attributes that impact visitor experience, satisfaction and re-visits intention. J. Vacation Mark., 15(4): 323-333.

Formica S, Uysal M (1998). Market segmentation of an international culture-historical event in Italy. J. Travel Res., 36(3): 16-24.

Getz. (1997:3-4). International Jurnal Of Event Manajement Research Vol. 4.

Hoffman, K. Douglas, dan John E.G. Bateson. (1997). Essentials of ServiceMarketing Florida: the Dryden Press

Kotler Philip dan Amstrong, (2001), Prinsip-Prinsip Manajemen, Jilid 1 Edisi Kedelapan, Alih Bahasa Oleh Damos Sihombing, MBA., Penerbit Erlangga, Jakarta.

McKercher WS, Mei WS, Tse TSM. (2006). Are short duration cultural festivals tourist attractions?. J. Sustain. Tourism. 14(1): 55-66.

Mulaik, A. Stanley, (2009), Linear Causal Modeling with Structural Equations Chapman & Hall/Crc Statistics in the Social and Behavioral Sciences Statistics in the social and behavioral sciences serie. CRC press

Mulydi (207), Sistem Perencanan dan Pengendalian Manajemen : Sistem Pelipatganda Kinerja Perusahan, Jakarta :Penerbit Salemba Empat.

Noor, Any. (2009). Manajement Event. Bandung.

Parasuraman A, Zeithaml VA, Berry LL (1988). SERVQUAL: a multi-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. J. Mark., 64(1): 12-40.

Sekaran, Uma. 2000. Research Methods for Business, A Akill-Building Approach. America: Thirt Edition, John Wiley & Sons, Inc.
Published
2015-03-01