STUDI DESKRIPTIF PERILAKU GENERASI MUDA SURABAYA DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS BERWISATA

  • Cyndie Chowindra Jurusan Manajemen Layanan dan Pariwisata Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 553 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 786 times
Keywords: Perilaku Wisatawan, Berwisata, Generasi Muda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perilaku dari generasi muda Surabaya dalam melakukan aktivitas berwisata. Yang diukur melalui variabel what they buy, why they go, who influence their choice, when they go, where they go, how often they go, dan how long they go. Kebanyakan generasi muda cenderung memiliki potensi lebih besar dalam berwisata antara lain generasi muda memiliki pergaulan lebih besar, pengetahuan mengenai tempat wisata lebih banyak, lebih aktif mencari informasi mengenai tempat-tempat wisata terbaru. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner. Responden dalam penelitian ini berjumlah 150 responden yang pernah melakukan aktivitas berwisata minimal 1 kali dalam 3 bulan terakhir dengan usia 16- 30 tahun, berpendidikan terakhir SMP dan berdomisili di Surabaya. Aras dan skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah aras dan skala nominal. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa dari sekian banyak jenis wisata yang pernah dikunjungi, wisata belanja yang paling banyak dipilih. Bersenang-senang merupakan alasan yang paling mempengaruhi responden dalam memilih jenis wisata tersebut. Teman adalah orang yang paling mempengaruhi responden dalam memilih jenis wisata tersbut dan liburan menjadi waktu yang tepat untuk berwisata. Kebanyakan lebih memilih berwisata di dalam negeri khususnya Bali dengan frekuensi 2 kali dalam setahun dan waktu yang dihabiskan untuk berwisata adalah ≤ 1 minggu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Coltman, Michael M, 1989, Introduction to Travel And Tourism An Approach, VNR: New York.

Cooper, Chris., John Fletcher., David Gilbert., dan Stephen Wanhil, 1996, tourism principles and practices, internasional edition, Harlow: Longman.

Hair, Joseph F,. Bush, Robert,. dan D.J. Ortinau, 2003, Marketing Research, Second Edition, McGraw Hill, Boston.

Meis, Scoot, Sophie Joyal, dan Anne Trites, 1995, The US Repeat and VFR Visitor to Canada, The Journal of Tourism STUDIES Vol 6, No. 1 : 30.

Pizam, Abraham., dan Mansfeld Y, 1999, Consumer Behavior in Travel and Tourism, Hawroth Hospitality Press, New York.

Schifman, Leon G, dan Leslie Lazar Kanuk, 2004, Consumer Behavior, Prentice Hall Internasional Edition, Eight Edition, New Jersey.

Soekadijo R.G, 2000, Anatomi Pariwisata, Cetakan Ketiga, Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Solomon, Michael R, 2003, Consumer Behavior, Perason Education, New Jersey.

Swarbrooke, J. dan Susan Horner. 1999, Consumer Behavior in Tourism, Butterworth Heinemann, Oxford.

Swarbrooke, J. dan Susan Horner. 2003, Consumer Behavior in Tourism, Third Edition, Butterworth Heinemann, Burlington.

Williams, Christine, dan John Buswell, 2003, Service Quality in Leisure And Tourism, CABI Publishing, Cambridge.

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20099/4/Chapter%20I.pdf diunduh tanggal 15 September 2014
Published
2015-03-01