Penerapan bentuk dan motif seni instalasi washi ke dalam quilting

  • Monica Melinda Ayu Lestari Universitas Surabaya
  • Siti Zahro Universitas Surabaya
  • Wyna Herdiana Universitas Surabaya
  • Dian Prianka Universitas Surabaya
Abstract Views: 195 times
PDF Downloads: 83 times
Keywords: Quilting, washi, timbul

Abstract

Quilting merupakan metode menjahit 3 lapisan kain menggunakan tangan atau mesin jahit. Quilt umumnya terdiri dari 2 atau 3 lapisan yang dijahit bersama-sama dengan benang dan jarum, dalam hal ini bisa menggunakan tangan atau mesin jahit. Bentuk lain dari quilting adalah hanya dua lapis kain yang dipergunakan dan ini hanya untuk hiasan. Di atas permukaan kainnya diberi pola motif yang akan dijahit agar setelah selesai dijahit motif tersebut akan timbul pada permukaan kain. Bentuk dan motif seni instalasi washi diaplikasikan ke dalam quilting karena memberikan memberikan  tekstur timbul sesuai dengan detail garis-garis pada seni instalasi washi. Seni instalasi washi oleh desainer Eriko Horiki merupakan seni keterampilan pengrajin dan metode yang sudah berusia seabad, bersama dengan teknologi pembuatan kertas yang canggih saat ini dalam karya seni instalasi washi melalui tradisi pembuatan kertas washi untuk menciptakan seni interior kontemporer dengan penerangan dalam instalasinya. Desainer Eriko Horiki memanfaatkan dan menyesuaikan kertas, bermain dengan tekstur permukaan dan cahaya, untuk membuat bagian instalasi, dinding interior dan partisi berskala besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. D. M. Pradika, W. I Swandi, W. I. Mudra, “Kajian Ilustrasi, Tipografi, Dan Warna Dalam Membentuk Estetika Pada Desain Kemasan Pod Cokelat Edisi Dark Chocolate Bali”, Prabangkara: Jurnal Seni Rupa dan Desain, no. 24, edisi 2, hal. 59-63, 2020.
[2] A. Mein. Art of Annemieke Mein. Search Press Limited, 2019.
[3] A. P. Kartika. LKP: Perancangan Katalog UKM VCO Menak Sopal di PT Pendopo Agung Poetrokoesoeman sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness (Doctoral dissertation). Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, 2018.
[4] A. Wina. Puff Quilting. Jakarta, Kriya Pustaka, 2018.
[5] B. T. Washi, Makoto Yanagibashi, Washi—fudo, rekishi, giho, Japanese paper —climate, history, techniques.Tokyo, Japan: Kodansha, 2018, 22–4.
[6] C. Fahroy, “†œHak Eksklusif†Negara Berdaulat di Batas Imajiner Berdasarkan Prinsip Kedaulatan Wilayah dan Hukum Keimigrasian”, Jurnal Wawasan Yuridika, no. 2, edisi 2, hal. 116-126, 2018.
[7] D. Kumoratih, “Rancangan “Wonderful Indonesia” Sebagai Branding-Destination”, Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, no. 2, edisi 1, hal. 75-82, 2020.
[8] D. Pertiwi, S. Syakir, M. Mujiyono, “Ilustrasi Kisah Ki Ageng Pandanaran Dalam Seni Grafis Cetak Saring Sebagai Pengenalan Cerita Rakyat Kabupaten Boyolali”, Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, no. 6, edisi 2, hal. 11-17, 2017.
[9] E. Yunita, Patchwork dan Quilting untuk Pemula. Penerbit Demedia, 2019.
[10] E. Horiki, Architecture and Urbanism July 2018 Special Issue: “Architectural Spaces with Washi II. A+U Publishing Co., Ltd., 2018.
[11] M. Naufa, “Ekspresi Bentuk Geometris Melalui Penggarapan Tekstil Tapestri, Puitika, no. 14, edisi 1, hal. 80-90, 2018.
[12] A. M. Mudhofar, Gambas Dalam Penciptaan Teko Keramik, Doctoral dissertation. Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 2018.
[13] M. Mizumura, T. Kubo, T. Moriki, “Japanese paper: history, development and use in Western paper conservation”, Adapt & Evolve, hal. 43-59, 2015.
[14] S. M. Guntara, S. M. Mujiyono, “Perancangan Gambar Ilustrasi Personifikatif Teknik Digital dan Penerapanya Pada Merchandise”, Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, no. 9, edisi 2, hal. 70-80, 2020.
[15] N. Siregar, W. Lestari, “Peranan permainan tradisional dalam mengembangkan kemampuan matematika anak usia sekolah dasar”, Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, no. 2, edisi 2, hal. 1-7, 2018.
[16] Y. Rohmatun, Asyiknya Belajar Pengukuran Garis dan Sudut. Alprin, 2020.
[17] S.S Ebdi, Nirmana: Elemen-elemen Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra, 2018.
[18] S. I. Bae, K. Y. Kang, “A study on fabric swatch up-cycling fashion accessories using quilting technique”, Journal of Basic Design & Art, no. 20, edisi 2, hal. 131–142, 2019. https://doi.org/10.47294/ksbda.20.2.11
[19] T.N., Modul Kriya Tekstil. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2019.
[20] Y. Jienji, Quilt Creation in Develop a New World of Quilted Texture. Jepang, Nihon Vogue, 2020.
Published
2024-06-27