PDF

A Social Emotional Game untuk Meningkatkan Self-Esteem

  • Stephanie Handoyo Universitas Ciputra Surabaya
Abstract Views: 21 times
PDF Downloads: 15 times
Keywords: Elemen Dramatis, Desain Komunikasi Visual, Game Independen, Kesehatan Mental, Pengalaman Bermain, Remaja

Abstract

Game dengan elemen dramatis dapat menjadi media efektif untuk meningkatkan self-esteem pada remaja. Penelitian ini menganalisis tiga game independen (Omori, Hibernation Day, dan A Space for the Unbound) untuk mengidentifikasi bagaimana elemen-elemen dramatis dalam game tersebut mendukung perkembangan sosial-emosional pemain. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi desainer game dalam menciptakan pengalaman bermain yang tidak hanya menghibur, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan mental pemain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. (2021). Analisis Gim Edukasi Menggunakan Pendekatan Playcentric approach. Retrieved from http://journal.ubm.ac.id/index.php/titik-imaji/

Andrian, R. (2022). RANCANG BANGUN ADVENTURE ROLE PLAYING GAME DENGAN PROCEDURAL CONTENT GENERATION MENGGUNAKAN ALGORITMA PERLIN NOISE SKRIPSI. Retrieved from https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22376/

Barrera, U. de la, Mónaco, E., Postigo-Zeggara, S., Gil-Gómez, J. A., & Montoya-Castilla, I. (2021). EmoTIC: Impact of a game-based social-emotional programme on adolescents. PLoS ONE, 16(4 April), 12–12. doi: 10.1371/journal.pone.0250384

Fahmi, N., & Syarief, A. (2018). IDENTIFIKASI PENGALAMAN BERMAIN GAME MOBILE (STUDI KASUS GAME CLASH OF CLANS) THE IDENTIFICATION OF MOBILE GAMING EXPERIENCE (CASE STUDY: CLASH OF CLANS). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/328475926

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2017). Teori-Teori Psikologi.

Gilang Risky Maulana, Idat Muqodas, & Gia Nikawanti. (2024). ANALISIS SELF ESTEEM ANAK USIA DINI DITINJAU DARI POLA ASUH PERMISIF. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgpaudpwk/article/view/3457

Ian Rif, M., Arumsari, A., Fajriani, N., Maghfiroh, V. S., Fathan Abidi, A., & Chusairi, A. (2018). KONSEP DUKUNGAN SOSIAL. Retrieved from https://repository.unair.ac.id/133947/

Indriyani, J., Kusniawati, A., & Kader, M. A. (2020). PENGARUH SELF ESTEEM DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEPUASAN. 2. Retrieved from https://www.semanticscholar.org/paper/Pengaruh-Self-Esteem%2C-Self-Efficacy-Dan-Kepuasan-RS-Indrawati/fdc4ae9dfcef77cbbdf3aa5a2c18685eaf7c352d

Jamaludin, Kusnaedi, I., & Widia, E. (2018). Gaya Retro dan Ekplorasi Material dalam Tren Desain Mebel Karya Desainer Muda Indonesia.

Kuswantoro, E. N. T., Rachman, T., & Munadzar, A. F. (2021). GAME “RORO JONGGRANG” SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK MENGENALKAN CERITA RAKYAT. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) (Vol. 5, Issue 1). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/368027223_GAME_RORO_JONGGRANG_SEBAGAI_MEDIA_BELAJAR_UNTUK_MENGENALKAN_CERITA_RAKYAT

Mohajan, H. K., & Kumar Mohajan, H. (2018). Title: The joined archive of hundreds of Central-, East-and South-East-European publishers, research institutes, and various content providers You have downloaded a document from Qualitative research methodology in social sciences and related subjects. Journal of Economic Development, Environment and People, 7(1). Retrieved from https://www.ceeol.com/search/article-detail?id=640546URL:http://jedep.spiruharet.ro

Muhammad Mujib Daawi, & Walda Isna Nisa. (2021). PSIKODINAMIKA : JURNAL LITERASI PSIKOLOGI Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Tingkat Stres dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/351142070_Pengaruh_Dukungan_Sosial_terhadap_tingkat_Stres_dalam_Penyusunan_Tugas_Akhir_Skripsi

Nacke, L. E. (2014). Elements of Games and Narrative Design.

Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143. doi: https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054

Salsabila, D. F., Saffanah Qalbi, A. F., Aziz, A. M., Etniko, A., & Tahir Rauf, K. N. (2022). Perbedaan Self-Esteem antara Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dengan Perguruan Tinggi Swasta. Journal of Psychology Students, 1(1), 45–56. doi: 10.15575/jops.v1i1.17458

Santrock, J. W. (2019). Life-span Development.

Setyaputri, N. Y. (2022). “Strategi Menghadapi Sistem Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19 Untuk Generasi Indoneisa yang unggul dan Tangguh” Raising Self Esteem in Teenagers: Sebuah Upaya untuk Penguatan Karakter Siswa.

Verrocchio, M. C., Marchetti, D., & Fulcheri, M. (2015). Perceived parental functioning, self-esteem, and psychological distress in adults whose parents are separated/divorced. Frontiers in Psychology, 6(NOV). doi: 10.3389/fpsyg.2015.01760

Younis, A., & Fedtke, J. (2024). “You’ve Been Living Here For as Long as You Can Remember”: Trauma in OMORI’s Environmental Design. Games and Culture, 19(3), 309–336. doi: 10.1177/15554120231162982

Yusinta, Y. (2024). ANALISIS PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL GIFTED AND TALENTED CHILDREN PADA ANAK USIA DINI. Retrieved from https://repository.radenintan.ac.id/32896/

Published
2025-11-28