HUBUNGAN HARGA DIRI DAN CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PRODUK APLLE

  • Diva Dhairya Suwadji Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Abstract

Semakin luasnya pemahaman masyarakat akan perkembangan teknologi memberi dampak positif terhadap pertumbuhan penggunaan teknologi informasi. Salah satu pelaku pengembangan produk teknologi elektronik dan komunikasi cukup ternama adalah Apple. Berdasarkan data penjualan Apple mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Salah satu faktor yang melatarbelakangi pelanggan melakukan pembelian ulang produk produk Apple adalah harga diri dan citra merek. Dalam penelitian ini bertujuan menguji apakah ada hubungan antara harga diri dan citra merek dengan loyalitas pengguna produk Apple di Surabaya Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Surabaya. sedangkan sample yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 145 orang. Teknik sampling yang digunakan quota sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan angket kepada subjek yang terdiri dari angket terbuka dan angket tertutup. Angket tertutup terdiri dari tiga bagian yaitu angket yang mengukur harga diri, angket yang mengukur citra merek, dan angket yang mengukur loyalitas pelanggan. Selain angket fisik, pada penelitian ini menggunakan angket online dengan bantuan Googleform yang disebar melalui group-group mahasiswa Universitas Surabaya dengan tujuan melengkapi jumlah subjek yang kurang dari penyebaran angket fisik. Hasil dari penelitian menunjukan ada hubungan positif antara harga diri dan citra merek dengan loyalitas pelanggan produk Apple (p<0,05 r=0,312) sehingga dapat dikatakan semakin tinggi harga diri seseorang maka akan diikuti tingginya loyalitas orang tersebut pada suatu merek. Tidak hanya itu hasil dari penelitian ini menunjukan ada hubungan positif antara citra merek dengan loyalitas pelanggan Apple (p<0,05 r=0,607) sehingga dapat dikatakan semakin tinggi sebuah merek maka akan diikuti tingginya loyalitas pelanggan tersebut. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah pada penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan subjek penelitian yang memiliki cangkupan yang lebih luas, dalam hal ini yang dimaksud adalah tidak membatasi pada pengguna produk Apple di Universitas Surabaya saja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity : Capitalizing on the Value of a Brand Name. The Free Press.

Aaker, D. A. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Diterjemahkan oleh : Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama.

Aaker, D. A. (2008). Strategic Market Management (ed. 8th ed.). USA: John Wiley & Sons, Inc.

Adler, N., & Stewart, J. (2004, Maret). Research Network on SES And Health. Retrieved Desember 3 2016, from The Regents of The University of California:http://www.macses.ucsf.edu/research/psychosocial/selfesteem.php

Azwar, S. (2003). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Branden, N. (1999). Kiat Jitu Meningkatkan Harga Diri. Jakarta: Pustaka Delapratasa.

Businessinsider. (2012, Oktober 26). www.businessinsider.com. Dilihat pada 27 Oktober 2016, dari chart of the day apple revenue product 2012: http://www.businessinsider.com/chart-of-the-day-apple-revenue-product-2012-10?IR=T&ref=nf?r=US&IR

Chrisandi, N. P. (2014). Hubungan Citra Merek dan Kualitas Pelanggan dengan Loyalitas Pelanggan Produk Apple. Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiwa Universitas Surabaya , Vol 3. No.1, 1-11.

Durukan, T., & Bozaci, I. ( 2011). The Role of Individual Characteristics on Customer Loyalty. International Journal of Business and Social Science , 213-218.

Falcon. (2014, Oktober). Dilihat pada 27 Oktober 2016, dari http://falconsk1.blogspot.co.id/2014/10/macam-macam-produk-yang-dikeluarkan.

Griffin, J. (1995). Customer Loyalty : How To Earn It, How To Keep It. New York: The New Lexington.
Published
2018-03-01
How to Cite
SUWADJI, Diva Dhairya. HUBUNGAN HARGA DIRI DAN CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PRODUK APLLE. CALYPTRA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. Hal. 953 - 963, mar. 2018. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1207>. Date accessed: 16 aug. 2018.