HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN TRUST PADA PELATIH DENGAN SPORT COMMITMENT ATLET ATLETIK

  • Louise Sarah Paulina Astra Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Abstract

Atletik merupakan salah satu cabang olahraga dengan beberapa nomor pertandingan. Sport commitment didefinisikan sebagai sebuah konstruk psikologis yang merupakan keinginan dan tekad untuk melanjutkan berpartisipasi di dunia olahraga (Boyst, 2009). Untuk memiliki sport commitment yang tinggi, atlet membutuhkan motivasi berprestasi yang tinggi. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi sport commitment, salah satunya trust pada pelatih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi berprestasi dan trust pada pelatih dengan sport commitment atlet atletik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) adanya hubungan antara motivasi berprestasi dan trust pada pelatih dengan sport commitment, dengan nilai sig. 0.000 (<0.05), dan motivasi berprestasi dan trust pada pelatih memberikan sumbangan terhadap sport commitment sebesar 54%. 2) adanya hubungan antara motivasi berprestasi dengan sport commitment, dengan nilai sig. sebesar 0.004 dan motivasi berprestasi memberikan sumbangan sebesar 0.174 (17.4%) kepada sport commitment. 3) adanya hubungan antara trust pada pelatih dengan sport commitment, dengan nilai sig. sebesar 0.000 dan trust pada pelatih memberikan sumbangan sebesar 0.465 (46.5%) pada sport commitment. Implikasi dari penelitian ini adalah pelatih dapat lebih terbuka, lebih dapat mengerti akan kondisi atletnya, karena salah satu faktor atlet dapat termotivasi adalah dukungan dari pelatih.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chika, O. E. and Emmanuel, O. O. 2014. Self-Efficacy, Emotional Intelligence, Achievement Motivation and Work-Value Orientation as Predictors of Career Commitment of Bank Workers in Imo State. IOSR Journal of Business and Management, 16 (1), 55 – 62.

Izad, N., Badami, R., Baluch, B., & Duffy, L. 2016. The Perception of Same Gender Coaches by Iranian Skaters and Its Influence on Sport Achievement Motivation and Commitment. International Journal of Science Culture and Sport, 4 (1), 1 – 13.

Jowett, S. 2005. The Coach – Athlete Partnership. Diambil/diunduh 15 Oktober 2016, dari https://thepsychologist.bps.org.uk/volume-18/edition-7/coach-athlete-partnership .

Robbins, S. P. 2001. Organizational Behavior 9th Edition. Global and Southern African Perspectives. Diakses dari https://books.google.co.id.

Sukamti, E. Profesional Pelatih Cabang Olahraga yang Berkarakter Untuk Mencapai Prestasi Maksimal. Kumpulan Jurnal, 1–6.
Published
2018-03-01
How to Cite
ASTRA, Louise Sarah Paulina. HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN TRUST PADA PELATIH DENGAN SPORT COMMITMENT ATLET ATLETIK. CALYPTRA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. Hal. 964 - 969, mar. 2018. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1208>. Date accessed: 16 aug. 2018.