HUBUNGAN ANTARA CITRA DIRI DAN KONFORMITAS DENGAN LOYALITAS MEREK PADA BRAND PRESTIGE FASHION

  • Mitha Ayu Dita Anggraini Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, Konsumen terkadang memasukkan kualitas yang dimiliki seorang manusia kedalam sebuah merek dan kemudian membangun hubungan dengan cara yang sama ketika mereka berhubungan dengan sesama manusia. Citra diri seseorang mewakili totalitas pikiran dan perasaan orang tersebut dengan menampilkan diri mereka sebagai atau melalui obyek yang dikonsumsinya (Mowen(1987)) merek dapat membantu memperkuat identitas seseorang. Oleh karena itu, konsumen menggunakan merek sebagai instrument untuk mencerminkan citra pribadi mereka dan tujuan individu. Ketika konsumen memilih produk berdasarkan kepribadian merek yang dimiliki, maka dapat tercipta loyalitas atau kestiaan dari konsumen tersebut (brand loyalty). Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran secara detail apakah ada hubungan antara citra diri dan Konformitas dengan Loyalitas Merek Pada Brand Prestige Fashion. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah pengguna fashion branded di salah satu kampus X di Surabaya dengan total sebanyak 102 subjek. Penelitian ini akan menggunakan teknik non-random sampling dengan jenis purposive sampling. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: 1) Ada Hubungan yang positive antara loyalitas merek dengan citra diri pada brand prestige fashion. 2) Tidak ada hubungan yang positif antara loyalitas merek dengan konformitas pada brand prestige fashion. 3) Tidak ada hubungan yang positif antara citra diri dan konformitas dengan loyalitas merek pada brand prestige fashion. 4) Faktor - faktor lain yang dapat mempengaruhi loyalitas merek pada brand prestige fashion pada penelitian ini adalah kesenangan konsumen terhadap merek dan kualitas produk yang dimiliki oleh brand prestige fashion.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker A David. (1997). Ekuitas Merek. Edisi Indonesia. Jakarta : Mitra Utama

Agustin, F. (2009). Hubungan antara konformitas dengan minat beli ponsel merk nokia pada mahasiswa Universitas Surabaya. Skripsi Sarjana. Strata 1, Surabaya : Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Assael, H., 1992, Consumer Behavior & Marketing Action, Fourth Edition, New York : Kent Publishing Company

Afza, Talat and Amer Hussain. (2011). Determinants of Capital Structure : A Case Study of Automobile Sector of Pakistan. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, ISSN : 2073-7122, Vol 2, Issue : 10, pp.219-230

Azwar, Saifuddin. 1999. Penyusunan Skala Psikologi Yogyakarta : Pustaka Belajar
Published
2018-03-01
How to Cite
ANGGRAINI, Mitha Ayu Dita. HUBUNGAN ANTARA CITRA DIRI DAN KONFORMITAS DENGAN LOYALITAS MEREK PADA BRAND PRESTIGE FASHION. CALYPTRA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. Hal. 1013 - 1026, mar. 2018. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1219>. Date accessed: 14 aug. 2018.