IMPLEMENTASI INVENTORY MANAGEMENT GUNA MEMINIMALKAN STOCKOUT COST PADA BISNIS FOOD DELIVERY FAMILY SUSHI

  • Charles Charles Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Sujoko Efferin Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 252 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 710 times
Keywords: inventory management, stockout cost, sales forecast, Economic Order Quantiy, Reorder Point, Safety Stock, inventory control

Abstract

Di zaman globalisasi yang dinamis ini, perkembangan teknologi tumbuh dengan sangat pesat, hingga menyebabkan persaingan antar bisnis yang lebih kompetitif dan saling menjatuhkan. Hal ini juga terlihat pada bisnis culinary yang semakin berusaha untuk mengelola inventory agar dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan.  Dari kejadian tersebut dapat dilihat bagaimana pentingnya akan setiap badan usaha untuk dapat menerapkan inventory management. Family Sushi ialah perusahaan yang bergerak dalam makanan Jepang yang pengelolaan persediaannya masih bersifat tradisional sehingga banyak kendala dalam aktivitas operasionalnya seperti stockout cost. dengan menerapkan inventory management menggunakan metode Sales Forecast, EOQ (Economic Order Quantity), ROP (Reorder Point), SS (Safety Stock) dan Inventory Control diharapkan perusahaan dapat mengelola inventory secara terorganisir agar proses operasional dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminudin. 2005. Prinsip-prinsip Riset Operasi. Jakarta: Erlangga

Hansen, Don & Mowen, Maryanne, 2009, Managerial Accounting eight edition, South Western:Thomson

Hongren, Charles T., Srikani M. Datar, George Foster. 2003. Cost Accouting a Managerial Emphasis eleventh edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Supranto, J. 2007. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Published
2014-09-01