HUBUNGAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DENGAN PEMILIHAN AUDITOR PADA BADAN USAHA SEKTOR KEUANGAN YANG GO PUBLIC DI BEI PERIODE 2008-2010

http://doi.org/10.5281/zenodo.1561293

  • Obe Efrem Markali Universitas Surabaya
  • Felizia Arni Rudiawarni Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan mekanisme internal corporate governance terhadap pemilihan auditor eksternal pada perusahaan sektor keuangan. Mekanisme internal corporate governance diproksikan dengan persentase pemegang saham terbesar, jumlah dewan komisaris dan proporsi dewan komisaris independen. Penelitian ini hanya menerima hipotesis mengenai jumlah dewan komisaris, sedangkan dua hipotesis alternatif yang lain ditolak. Persentase pemegang saham terbesar ternyata berhubungan positif terhadap pemilihan auditor eksternal berkualitas tinggi pada badan usaha sektor keuangan.. Sedangkan proporsi komisaris independen berhubungan negatif tetapi tidak signifikan terhadap pemilihan auditor berkualitas tinggi pada badan usaha sektor keuangan. Kesimpulannya adalah jika mekanisme internal corporate governance perusahaan baik maka akan menyebabkan kecenderungan bagi perusahaan untuk memilih auditor berkualitas tinggi. Pengetahuan ini diharapkan dapat dijadikan salah satu pertimbangan investor, pemegang saham dan kreditur. Investor, pemegang saham dan kreditur dapat mempertimbangkan faktor mekanisme internal corporate governance yang diterapkan perusahaan sektor keuangan karena terkait dengan keputusan pemilihan auditor perusahaan tersebut. Tentunya investor, pemegang saham dan kreditur akan memilih berinvestasi pada perusahaan yang memiliki good corporate governance serta perusahaan yang kredibilitas laporan keuangannya terjamin.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-09-02
How to Cite
MARKALI, Obe Efrem; RUDIAWARNI, Felizia Arni. HUBUNGAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DENGAN PEMILIHAN AUDITOR PADA BADAN USAHA SEKTOR KEUANGAN YANG GO PUBLIC DI BEI PERIODE 2008-2010. CALYPTRA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. Hal. 1 - 15, sep. 2012. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/17>. Date accessed: 19 apr. 2019.