STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN SERVICESCAPE PADA RESTORAN CRAB N CHEF SEAFOOD RESTAURANT MENURUT PERSEPSI KONSUMEN

  • Vicko Septhian Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Servicescape merupakan lingkungan buatan (built environment). Servicescape dapat dibagi pada tiga dimensi utama, yaitu: kondisi sekitar (ambient condition), tata ruang dan fungsional (spatial layout and functionally) serta tanda-tanda, simbol dan artefak (signs, symbols and artefacts). Salah satu perusahaan dalam bidang kuliner yang mengaplikasikan servicescape pada bisnisnya adalah Crab N Chef Seafood Restaurant, yaitu restoran berkonsep “Kapal Laut” yang menyediakan berbagai jenis menu seafood. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi konsumen terhadap servicescape di Crab N Chef Seafood Restaurant. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat kepada perusahaan untuk mengetahui lebih lanjut gambaran persepsi konsumen terhadap servicescape di Crab N Chef Seafood Restaurant. sampel yang akan digunakan adalah sebanyak 100 orang responden. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa secara keseluruhan, tanggapan responden terhadap Servicescape dari Crab N Chef Seafood Restaurant berada pada kategori “Baik”. Dari ketiga dimensi yang menjelaskan Servicescape dari Crab N Chef Seafood Restaurant, dimensi Spatial Layout and Functionality merupakan dimensi yang paling berkontribusi dalam membentuk Servicescape dari Crab N Chef Seafood Restaurant karena memiliki nilai mean paling tinggi dari kedua dimensi Servicescape lainnya yang dari Crab N Chef Seafood Restaurant, yaitu sebesar 3,62.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angelina, L. Sherend., 2013, Studi Deskriptif Penerapan Servicescapes Pada Restoran Waroeng Bamboe Kota Batu Menurut Persepsi Konsumen. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol.2, No.1 (1-11).

Candrawati, R. Dwi., 2013, Studi Deskriptif Penerapan Servicescape pada Dream of Kahyangan Art Resto. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol.2 No.1 (1-14).

Malhotra, N.K., 2002, Marketing Research: An Applied Orientation (Fourth Edition), New Jersey: Prentice Hall.

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta.

Zeithaml, A. Valerie., & Bitner, J. Mary., 1996, Service Marketing (International Edition), Singapore: McGraw-Hill.
Published
2015-09-01
How to Cite
SEPTHIAN, Vicko. STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN SERVICESCAPE PADA RESTORAN CRAB N CHEF SEAFOOD RESTAURANT MENURUT PERSEPSI KONSUMEN. CALYPTRA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. Hal. 1 - 14, sep. 2015. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2152>. Date accessed: 11 nov. 2019.