HUBUNGAN PERCEIVED RISK DAN SELF CONCEPT DENGAN BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN PRODUK KOSMETIK

  • Noella Kentjana Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 124 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 256 times
Keywords: brand loyalty, perceived risk, self concept, produk kosmetik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara perceived risk dan self concept dengan brand loyalty pada konsumen produk kosmetik. Subjek pada penelitian ini adalah 307 mahasiswi Universitas Surabaya yang berusia 18 hingga 25 tahun sesuai dengan periode perkembangan emerging adults.  Hasil pada penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara perceived risk dan self concept secara bersama-sama dengan brand loyalty produk kosmetik (F= 111,21; p < 0,05), ada hubungan antara perceived risk dengan brand loyalty (r = -0,633; p< 0,05),  ada hubungan antara self concept dengan brand loyalty (r= 0,339; p=<0,05). Simpulan pada penelitian ini adalah  peningkatan brand loyalty dapat terjadi bila konsumen produk kosmetik memiliki perceived risk rendah dan self concept tinggi. Untuk meningkatkan brand loyalty, produsen harus mempertimbangkan perceived risk dan self concept konsumen karena brand loyalty merupakan salah satu cara untuk menjaga dan mempertahankan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. (1991). Managing brand equity: capitalizing on the value of a brand name. Canada: Macmillan, Inc.

Assael, H. (1995). Consumer behavior and marketing action 5th edition. United States of America: International Thomson Publishing.

Azhara & Khasanah, B. (2011). Waspada bahaya kosmetik. Yogyakarta: Flashbook.

Azwar, S. (2004). Dasar-dasar psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Burns, R. B. (1993). Konsep diri: Teori, pengukuran, perkembangan dan perilaku. Jakarta: Arcan.

Neuman, W. L. (2011). Basic of social research: qualitative and quantitative approaches (3rd ed.). Boston: Pearson.

Nezakati, H., Chua, P. Y., & Akhoundi, M. (2013). Atecedents impact on brand loyalty in cosmetics industry. Journal of Applied Sciences, 13(1), 126-132.

Odin, Y., Odin, N., Valette-Florence, P. (1999). Conceptual and operational aspects of brand loyalty: an empirical investigation. Journal of Business Research 53 (2001) 75-84.

Ozdemir, H. & Parilti, N. (2005). Brand loyalty in the cosmetic industry: a field study on Turkish women’s brand loyalty among cosmetics products. Journal of Business & Economics Research 3 (5), 5-16.

Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2010). Consumer behavior: global edition 10th ed. Boston: Pearson Education.

Wenerfelt, B. (1991). Brand loyalty and market equilibrium. Marketing science 10 (3), 229-245.
Published
2016-03-01