NOTHING IS IMPOSSIBLE PENGARUH KECEMASAN TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK

  • Ide Bagus Siaputra Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
  • Lina Natalya Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Abstract

Prokrastinasi akademik adalah kecenderungan seseorang untuk menunda-nunda mengerjakan tugas-tugas akademik yang seharusnya dikerjakan sampai tidak ada lagi waktu untuk menunda. Banyak alasan yang membuat seseorang akhirnya memutuskan untuk melakukan prokrastinasi. Salah satu alasannya adalah kecemasan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen pretest-posttest control group design non-randomized. Subjek penelitian adalah semua mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Penyusunan Alat Ukur pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah kecemasan yang ditimbulkan oleh tugas berpengaruh pada perilaku prokrastinasi mahasiswa tersebut. Penelitian ini mengkajinya dengan Temporal Motivation Theory (TMT) (Steel, 2007). Penelitian ini menggunakan Pure Procrastination Scale (PPS) dan jam pengumpulan tugas untuk mengukur tingkat prokrastinasinya, sedangkan untuk kecemasan digunakan skala yang terdiri atas 22 butir pernyataan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecemasan dan prokrastinasi akademik (r = 0,417 ; p = 0,000). Terbukti pada kelompok eksperimen seseorang yang cemas lebih memilih untuk segera mengerjakannya, sedangkan pada kelompok kontrol terbukti seseorang yang cemas lebih memilih untuk melakukan penundaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahruliana, R. (2011). Pengaruh pemberian terapi humor terhadap penurunan tingkat kecemasan pada narapidana menjelang masa pembebasan di lembaga pemasyarakatan wanita klas IIA malang. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

Knaus, W. J. (1998). Do it now! Break the procrastination habit. New York: John Wiley.

Schafer, W. (2000). Stress management for wellness (4th ed.). California: Thomson Wadsworth.

Sobur, A. (2003). Psikologi umum dalam lintasan sejarah. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Solomon, L. J. & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counselng Psychology,31(4), 503-509.

Steel, P. (2003). The nature of procrastination. Diunduh dari http://www.haskayne.ucalgary.ca/research/WorkingPapers/research/media/HROD_working_papers/2003_07.pdf

Steel, P. & K├Ânig, C. J. (2006). Integrating theories of motivation. Academy of management review, 31(4), 889-013.

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65-94.

Steel, P. (2011). The procrastination equation: How to stop putting things off and start getting stuff done. New York: Harper.
Published
2013-03-01
How to Cite
SIAPUTRA, Ide Bagus; NATALYA, Lina. NOTHING IS IMPOSSIBLE PENGARUH KECEMASAN TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 10, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/440>. Date accessed: 22 aug. 2019.

Most read articles by the same author(s)