PERANCANGAN ALAT OLAHRAGA PADA SARANA DUDUK BAGI PENGGUNA INTERNET ATAU KOMPUTER UNTUK MENCEGAH OBESITAS

  • Ian Antony Tanasal Jurusan Desain dan Manajemen Produk Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Pada saat ini, jumlah pengguna internet semakin banyak dan berkembang. Dengan adanya internet pengguna mampu mengakses berbagai informasi dengan mudah. Namun mereka yang sering berhadapan dengan internet dan berbagai aplikasi di komputer cenderung malas bergerak dan lebih suka melakukan aktivitas tetap seperti membaca, menonton dan lainnya. Hal inilah yang menyebabkan obesitas, karena kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak dikeluarkan atau  terbakar hanya dengan diam di tempat. Untuk mencegah para pengguna internet dan komputer menjadi obesitas, sebaiknya memasukkan olahraga atau aktivitas fisik lainnya ke dalam jadwal rutin harian mereka. Mencapai berat badan yang ideal adalah sesuatu yang sangat penting bagi kesehatan. Olahraga yang dilakukan secara konsisten dan teratur tidak hanya dapat membakar kalori, namun juga mengurangi lemak, meningkatkan massa otot tubuh, dan memberi manfaat yang cukup baik secara psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut dengan merancang alat olahraga yang dapat diletakkan pada sarana duduk bagi pengguna internet atau komputer untuk mencegah obesitas. Pemilihan jenis olahraga yang akan dipakai berdasarkan jenis olahraga yang efektif menurunkan berat badan serta pilihan responden. Material utama yang dipakai untuk produk ini adalah kayu papan. Proses finishing meliputi pemberian lapisan spons yang diikuti lapisan kulit sintetis. Konsep yang dipakai adalah kesehatan, sitting with excercise, dan attachable. Fitur yang terdapat pada produk ini antara lain penyanggah tangan, latihan beban, latihan perut, sepeda stasioner, serta pengaturan beban. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sarana duduk yang nyaman yang dapat dipakai untuk berolahraga sambil mengoperasikan komputer. Responden yang telah mencoba kursi ini merasa nyaman saat duduk dan tertarik dengan kursi ini karena warna dan desainnya yg bagus serta materialnya yang terlihat mewah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirah, Villa. (2009) : Mengisi Rumah dengan Furnitur Multiguna. Penebar Swadaya, Jakarta.

Ide, Pangkalan. (2007). Seri Diet Korektif :Diet Atkins. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Kasali, Rhenald. (1998) : Membidik Pasar Indonesia : Segmentasi, Targeting, Positioning, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Nurmianto, Eko (2008) : Ergonomi : Konsep Dasar dan Aplikasinya. Guna Widya, Surabaya.

Palgunadi, Bram. (2008). Desain Produk 4 Analisis dan Konsep Desain. ITB : Bandung.

Soeharto, Iman. (2002). Kolesterol dan Lemak Jahat, Kolesterol dan Lemak Baik, dan Proses Terjadinya Serangan Jantung dan Stroke, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sumanto, Agus. (2009). Tetap Langsing dan Sehat dengan Terapi Diet, AgroMedia Pustaka, Jakarta.

Tandra, Hans. (2007). Segala Sesuatu yang Harus Anda Ketahui Tentang Diabetes, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Utami, Ninik. (2010). Cantik Tak Harus Mahal, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Published
2013-09-20
How to Cite
TANASAL, Ian Antony. PERANCANGAN ALAT OLAHRAGA PADA SARANA DUDUK BAGI PENGGUNA INTERNET ATAU KOMPUTER UNTUK MENCEGAH OBESITAS. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 2, p. Hal. 1 - 16, sep. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/495>. Date accessed: 16 july 2018.
Section
Bidang Desain dan Manajemen Produk (DMP)