IMPLIKASI PERGANTIAN KEPEMILIKAN DENGAN LATAR BELAKANG BUDAYA TIONGHOA KE BUDAYA BARAT TERHADAP PERSONEL DAN CULTURAL CONTROL DARI PERSPEKTIF MIDLLE LEVEL MANAGEMENT

( Studi Kasus pada PT X Indonesia )

  • Yovita Sutanto Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara nyata mengenai dampak dari pergantian kepemilikan dengan latar belakang budaya Barat ke budaya Tionghoa terhadap personnel dan cultural control di PT X dari perspektif middle level management. Studi ini menemukan bahwa akuisisi kepemilikan tidak hanya membawa dampak positif saja apalagi dengan adanya perbedaan budaya yang cukup signifikan antara budaya Barat dan budaya Tionghoa yang memberikan bentuk pengendalian dan perlakuan yang berbeda terhadap organisasi. Budaya Tionghoa di Indonesia yang masih dilandasi nilai-nilai kuno Konfusianisme membentuk nilai-nilai tersendiri di dalam organisasi dan jika hal ini berlangsung cukup lama maka nilai-nilai tersebut akan tertanam di organisasi. Budaya Barat memiliki perbedaan yang cukup signifikan karena etos kerja dan sudut pandang serta sikap yang berbeda memberikan nilai tersendiri dalam kepemilikan suatu organisasi. Pergantian kepemilikan dalam suatu organisasi dengan dua latar budaya yang berbeda seperti ini tentu akan membawa pengaruh besar dalam organisasi.

Published
2013-03-01
How to Cite
SUTANTO, Yovita. IMPLIKASI PERGANTIAN KEPEMILIKAN DENGAN LATAR BELAKANG BUDAYA TIONGHOA KE BUDAYA BARAT TERHADAP PERSONEL DAN CULTURAL CONTROL DARI PERSPEKTIF MIDLLE LEVEL MANAGEMENT. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 12, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/97>. Date accessed: 23 july 2017.