PENGARUH INTERVENSI MUSIC MNEMONIC DAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS 4 SD
Abstract
Penelitian quasi-eksperimental ini bertujuan untuk melihat pengaruh intervensi music mnemonic dan kartu bergambar terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas 4 SD. Partisipan penelitian adalah sebanyak 30 siswa berusia 9-11 tahun dengan skor penguasaan kosakata bahasa kedua (Bahasa Inggris) di bawah rerata. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh metode music mnemonic dan kartu bergambar terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa (p=0,001; p<0,01). Kelompok dengan music mnemonic memiliki skor tertinggi dikarenakan adanya multimodalitas dari berbagai metode menghafal yang berdampak pada chunking effectpada working memory sehingga informasi baru dapat lebih mudah masuk ke dalam Long-Term Memory.Penelitian ini memberikan masukan kepada para guru dan pihak sekolah untuk dapat mengkombinasikan beberapa metode dalam memberikan pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak.
Downloads
References
Indah, T.L. (2013). Pengaruh metode menghafalkan berulang dengan pengelompokan (chunking) untuk membantu menghafalkan Al-Qur’an pada siswa SD. Skripsi FKIP Universitas Islam Negeri Wali Songo.
Jewitt, C. (2005)., “Reading”, and “Writing” for the 21st Century. Discourse studies in the cultural politics of education. Vol. 26 (3), 315-331.
Khan, S. (2003). Music Works: Music for adult English Language Learners. New Directions for Adult and Continuing Education, 107. 13-21.
Latipun. (2004). Psikologi eksperimen. Malang: UMM Press.
Maghy, S.J. (2015). Effectiveness of Mnemonics on Achievement of Students in Mathematics at Highschool Level. International Journal of Modern Engineering Research (IJMER). Vol. 5 (4), 1– 4.
Marretsya, Y. (2013). Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris melalui Penggunaan Media Animasi Gambar pada Kelompok B Raflesia Kota Bengkulu. Tesis. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Pikulski J.J. & Shane Templeton. (2014). Teaching and Developing Vocabulary: Key to Long-Term Reading Success. Research in Language and Reading. Houghton Mifflin Company, USA, SHA15M1203, G-23748.
Sacks, N. (2007). Review article: instructed second language vocabulary learning. Language Teaching Research, 12(3), 329-363.
Santrock, G. (2009). Psikologi Perkembangan Anak Jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
Solso, R.L., Maclin, O.H., & Maclin, M.K. (2008). Psikologi kognitif (Ed.8). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Suyanto, K. (2013). Psikolinguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wade, C. & Tavris, C. (2007). Psikologi (ed. 9 Jilid 2). Jakarta: Penerbit Erlangga.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.