PENGARUH INTERVENSI MUSIC MNEMONIC DAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS 4 SD

  • Eunike Nathania Winoto Magister Psikologi Sains Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 751 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1385 times
Keywords: music mnemonic, kartu bergambar, penguasaan kosakata

Abstract

Penelitian quasi-eksperimental ini bertujuan untuk melihat pengaruh intervensi music mnemonic dan kartu bergambar terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas 4 SD. Partisipan penelitian adalah sebanyak 30 siswa berusia 9-11 tahun dengan skor penguasaan kosakata bahasa kedua (Bahasa Inggris) di bawah rerata. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh metode music mnemonic dan kartu bergambar terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa (p=0,001; p<0,01). Kelompok dengan music mnemonic memiliki skor tertinggi dikarenakan adanya multimodalitas dari berbagai metode menghafal yang berdampak pada chunking effectpada working memory sehingga informasi baru dapat lebih mudah masuk ke dalam Long-Term Memory.Penelitian ini memberikan masukan kepada para guru dan pihak sekolah untuk dapat mengkombinasikan beberapa metode dalam memberikan pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gelfgren, C. (2012). Language learning strategies: Theory and research. Iran. ILI Language Teaching Journal, 2(1).

Indah, T.L. (2013). Pengaruh metode menghafalkan berulang dengan pengelompokan (chunking) untuk membantu menghafalkan Al-Qur’an pada siswa SD. Skripsi FKIP Universitas Islam Negeri Wali Songo.

Jewitt, C. (2005)., “Reading”, and “Writing” for the 21st Century. Discourse studies in the cultural politics of education. Vol. 26 (3), 315-331.

Khan, S. (2003). Music Works: Music for adult English Language Learners. New Directions for Adult and Continuing Education, 107. 13-21.

Latipun. (2004). Psikologi eksperimen. Malang: UMM Press.

Maghy, S.J. (2015). Effectiveness of Mnemonics on Achievement of Students in Mathematics at Highschool Level. International Journal of Modern Engineering Research (IJMER). Vol. 5 (4), 1– 4.

Marretsya, Y. (2013). Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris melalui Penggunaan Media Animasi Gambar pada Kelompok B Raflesia Kota Bengkulu. Tesis. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Pikulski J.J. & Shane Templeton. (2014). Teaching and Developing Vocabulary: Key to Long-Term Reading Success. Research in Language and Reading. Houghton Mifflin Company, USA, SHA15M1203, G-23748.

Sacks, N. (2007). Review article: instructed second language vocabulary learning. Language Teaching Research, 12(3), 329-363.

Santrock, G. (2009). Psikologi Perkembangan Anak Jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Solso, R.L., Maclin, O.H., & Maclin, M.K. (2008). Psikologi kognitif (Ed.8). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Suyanto, K. (2013). Psikolinguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wade, C. & Tavris, C. (2007). Psikologi (ed. 9 Jilid 2). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Published
2017-09-01