PERILAKU KONSUMEN VEGETARIAN DI SAMARINDA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN : STUDI KASUS RUMAH MAKAN VEGETARIAN FORTUNATE COFFEE TAHUN 2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencermati perilaku konsumen, kepuasan konsumen dan strategi pengembangan yang dapat mendukung maupun menghambat perkembangan rumah makan vegetarian Fortunate Coffee dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian dengan pendekatan kualitatif menggunakan proses analisis yang dimulai dengan menulusuri seluruh data yang ada dari berbagai sumber yaitu menggunakan studi kepustakaan, media internet, wawancara, dan kuisioner. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa rumah makan vegetarian Fortunate Coffee memiliki banyak kelebihan yang dapat mendukung pengembangan, antara lain tempat yang strategis dan nyaman, harga yang terjangkau, pelayanan yang baik, citarasa makanan yang cukup baik, dan memiliki produk yang di Samarinda baru dijual di rumah makan vegetarian Fortunate Coffee yaitu Roti Vegan. Hambatan yang ditemui adalah kurang inofatif dalam menu selain itu kurangnya promosi melalui media serta tidak adanya pelatihan secara khusus untuk prosedur pelayanan. Hasil temuan kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), ancaman (threats), kemudian difomulasikan kedalam matrik SWOT dan akhirnya ditemukan beberapa strategi yaitu strategi SO (strengthopportunity) meningkatkan citarasa menunya. Strategi ST (strength-threats) mempertahankan harga jual produk agar tetap stabil. Strategi WO (weaknessopportunity) diadakan kegiatan seperti seminar vegetarian dan juga event-event menarik. Strategi WT (weakness-threats) perlu adanya peningkatan promosi untuk konsumen, perlu adanya pelatihan secara khusus kepada pelayan dalam prosedur pelayanan, melakukan inovasi dalam bentuk home delivery.
Downloads
References
Atmodjo, M. W. 1995. Restaurantdan Segala Permasalahannya. Andi. Yogyakarta
Brilliantono, E. 2004. Produk Pangan Organik kian Diminati. Bisnis. http://www.Bisnis.com/pls/portal30/url/page/home_page (25 Oktober 2016)
Case, Karl E., Fair, Ray C. and Oster, Sharon M. 2012. Principles of Microeconomics. Pearson Education, Inc. New Jersey
Chenbitz, Christine., Becheva, Stanka., Foundation, Heinrich boll., dan Friends of the Earth Europe. 2014. Meat Atlas of the Friends of the Earth. Moller Druck. Germany
Doktersehat.com. 2016. Keuntungan Menjadi Seorang Vegetarian. http://doktersehat.com/keuntungan-menjadi-seorangvegetarian/. (22 Oktober 2016)
Engel, James, F, Roger D. Blackwell. dan Paul, W. Miniard. 1994. Consumer Behavior. Terjemahan Binarupa Aksara. Jakarta
International Vegetarian Union (IVU). 2015. Ini Dia Rahasia Hidup Sehat tanpa Obat. http://kaltim.tribunnews.com/ 2015/01/25/ini-dia-rahasiahidup- sehat-tanpa-obat. (22 Oktober 2016)
Irawan, Handi. 2003. Prinsip- Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elek Media Komputindo. Jakarta Kotler, Plilip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Marketing Management. Terjemahan PT. Indeks. Jakarta
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.