PERILAKU KONSUMEN VEGETARIAN DI SAMARINDA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN : STUDI KASUS RUMAH MAKAN VEGETARIAN FORTUNATE COFFEE TAHUN 2016

  • Willyamto Sutardjo Liu Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 398 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1940 times
Keywords: Vegetarian, Perilaku Konsumen, Kepuasan Konsumen, Strategi Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencermati perilaku konsumen, kepuasan konsumen dan strategi pengembangan yang dapat mendukung maupun menghambat perkembangan rumah makan vegetarian Fortunate Coffee dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian dengan pendekatan kualitatif menggunakan proses analisis yang dimulai dengan menulusuri seluruh data yang ada dari berbagai sumber yaitu menggunakan studi kepustakaan, media internet, wawancara, dan kuisioner. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa rumah makan vegetarian Fortunate Coffee memiliki banyak kelebihan yang dapat mendukung pengembangan, antara lain tempat yang strategis dan nyaman, harga yang terjangkau, pelayanan yang baik, citarasa makanan yang cukup baik, dan memiliki produk yang di Samarinda baru dijual di rumah makan vegetarian Fortunate Coffee yaitu Roti Vegan. Hambatan yang ditemui adalah kurang inofatif dalam menu selain itu kurangnya promosi melalui media serta tidak adanya pelatihan secara khusus untuk prosedur pelayanan. Hasil temuan kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), ancaman (threats), kemudian difomulasikan kedalam matrik SWOT dan akhirnya ditemukan beberapa strategi yaitu strategi SO (strengthopportunity) meningkatkan citarasa menunya. Strategi ST (strength-threats) mempertahankan harga jual produk agar tetap stabil. Strategi WO (weaknessopportunity) diadakan kegiatan seperti seminar vegetarian dan juga event-event menarik. Strategi WT (weakness-threats) perlu adanya peningkatan promosi untuk konsumen, perlu adanya pelatihan secara khusus kepada pelayan dalam prosedur pelayanan, melakukan inovasi dalam bentuk home delivery.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aritonang, Lerbin R. 2005. Kepuasan Pelanggan. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Atmodjo, M. W. 1995. Restaurantdan Segala Permasalahannya. Andi. Yogyakarta

Brilliantono, E. 2004. Produk Pangan Organik kian Diminati. Bisnis. http://www.Bisnis.com/pls/portal30/url/page/home_page (25 Oktober 2016)

Case, Karl E., Fair, Ray C. and Oster, Sharon M. 2012. Principles of Microeconomics. Pearson Education, Inc. New Jersey

Chenbitz, Christine., Becheva, Stanka., Foundation, Heinrich boll., dan Friends of the Earth Europe. 2014. Meat Atlas of the Friends of the Earth. Moller Druck. Germany

Doktersehat.com. 2016. Keuntungan Menjadi Seorang Vegetarian. http://doktersehat.com/keuntungan-menjadi-seorangvegetarian/. (22 Oktober 2016)

Engel, James, F, Roger D. Blackwell. dan Paul, W. Miniard. 1994. Consumer Behavior. Terjemahan Binarupa Aksara. Jakarta

International Vegetarian Union (IVU). 2015. Ini Dia Rahasia Hidup Sehat tanpa Obat. http://kaltim.tribunnews.com/ 2015/01/25/ini-dia-rahasiahidup- sehat-tanpa-obat. (22 Oktober 2016)

Irawan, Handi. 2003. Prinsip- Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elek Media Komputindo. Jakarta Kotler, Plilip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Marketing Management. Terjemahan PT. Indeks. Jakarta
Published
2017-09-01