PERAN FOREIGN DIRECT INVESTMENT (FDI) DAN HUMAN CAPITAL DALAM MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI NEGARA-NEGARA KAWASAN ASEAN PERIODE 2005-2014

  • Wahyu Suluh Furqonnanto Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 242 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 454 times
Keywords: Human Capital, Foroign Direct Investment, Pertumbuhan Ekonomi, Gross Domestic Product.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori tentang Foreign Direct Investment, Human Capital dan beberapa teori lain yang termasuk pada penelitian ini seperti Pengeluaran Pemerintah, Investasi Domestik, dan Inflasi pada negara-negara kawasan ASEAN. Teori-teori yang ada diharapkan menjadi dasar untuk mengatasi permasalahan pertumbuhan ekonomi ASEAN yang masih kalah dibandingkan kawasan-kawasan lain seperti Eropa, Amerika dan rata-rata dunia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan program bantu software analisis EViews, SPSS dan STATA. Sumber data yang digunakan untuk penelitian berasal dari World Development Indicators serta World Bank. Hasil dari penelitian yang dilakukan dimaksudkan untuk menjadi tambahan informasi bagi pihak-pihak terkait seperti pemerintahan atau peneliti-peneliti berikutnya. Berdasarkan beberapa peneelitian terdahulu, menunjukkan bahwa pendidikan yang diwakili variabel Human Capital berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, begitu juga dengan variabel Foreign Direct Investment menghasilkan hasil yang positif. Hal ini menunjukkan jika suatu negara tidak menjaga kualitas dari Human Capital serta tidak bisa memanfaatkan Foreign Direct Investment ternyata berdampak buruk terhadap pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Pada penelitian ini menggunakan analisis linier berganda ditemukan bahwa FDI serta Human Capital dapat mempromosikan nilai pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Di sisi lain dari penelitian ini memiliki perbedaan bahwa variabel inflasi, investasi domestik, dan konsumsi pemerintah memiliki hasil yang berbeda dari beberapa penelitian sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrián Risso, W., & Sánchez Carrera, E. J. (2009). Inflation and Mexican economic growth: long-run relation and threshold effects. Journal of Financial Economic Policy, 1(3), 246-263.

Arnett, G. (2014). Foreign direct investment: which countries get the most?. The Guardian: Development Data. Diakses pada 16 September 2016, online: https:// www. theguardian.com/ news/ datablog/ 2014/ jun/ 24/ foreign- direct- investment- which-countries-get-the-most.

Aurangzeb, Z., Stengos, T. (2014). The role of foreign direct investment (FDI) in a dualistic growth framework: a smooth coefficient semi-parametric approach. Borsa Istambul Review 14, 133-144.

Azam, M., & Ahmed, A. M. (2015). Role of human capital and foreign direct investment in promoting economic growth: evidence from Commonwealth of Independent States. International Journal of Social Economics, 42(2), 98-111.

Baltagi, B. (2008). Econometric analysis of panel data. John Wiley & Sons.

Belloumi, M. (2014).The relationship between trade, FDI and economic growth in Tunisia: an application of the autoregressive distributed lag model. Economic Systems 38, 269-287.

Case, K., Fair, R., Oster, S. (2012). Principles of Macroeconomics. Prentice Hall Pearson.

Chen, T., Kokko, A., & Tingvall, P. G. (2011). FDI and spillovers in China: non-linearity and absorptive capacity. Journal of Chinese Economic and Business Studies, 9(1), 1-22.
Published
2017-09-01