KORELASI TINGKAT EFISIENSI, KEAMANAN DENGAN INTERNET BANKING SEBAGAI ALTERNATIF BRANCHLESS BANKING PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK DI SURABAYA
Abstract
Meningkatnya penggunaan internet dan telepon genggam, mengakibatkan pengembangan jaringan electronic banking (e-channel) menjadi sangat penting bagi bisnis perseroan untuk menjaga kesetiaan nasabah. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk merupakan salah satu bank yang menawarkan jasa internet banking dengan berbagai terobosan-terobosan baru yang dirancang agar dapat terus berkembang dan bersaing, serta mempertahankan eksistensinya dalam dunia perbankan. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sangat menyadari bahwa pelayanan kepada nasabah harus menyesuaikana pada kemajuan teknologi, artinya dengan bersentuhan pada teknologi maka PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan mempermudah kinerja bank dan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada korelasi antara tingkat efisiensi dan Keamanan dengan Internet Banking sebagai alternatif Branchless Banking pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kuesioner yang digunakan dibatasai oleh pengguna internet banking PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sedangkan pengambilan sampel menggunakan metode accindental sampling. Hasil pengujian hipotes yang menggunkan spearman rank menunjukan bahwa ada korelasi tingkat efisiensi dan internet banking dengan nilai tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,1 dan ada korelasi antara keamanan dan internet banking dengan nilai tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,1
Downloads
References
Ahmad Sanusi, “Prospek Internet Banking di Era Millenium III”, (Jakarta: Majalah Bank dan Manajemen, edisi Maret-April 2000), hal. 67
Ashur Harmadi dan Budi Hermana. (2005), Analisis Karakteristik Individu DanPrilaku Pengguna Internet Banking: Reliabilitas Dan Validitas InstrumenPengukuran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi
Bank Indonesia.(2013). Statistik Perbankan Indonesia,2013.- Direktorat Perizinan dan Informasi Perbankan Deputi Direktur Publikasi dan Administrasi.
Budi Agus Riswandi. (2005) Aspek Hukum Internet Banking, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)
Davis, F. (1989). "Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and user acceptance of information technology," MIS Quarterly , Vol. 13, No. 3, page 320 - 340
Dawes, John (2008), “Do Data Characteritics Change According to the number of scale points used? An experiment using 5-point, 7-point and 10-point scales,” International Journal of Market Research, 50 (1), 61-77.
Devvy Pisheila Pratiwi. (2012). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Pengalaman terhadap Penggunaan Mobile Banking dengan Dimensi Niat Penggunaan Mobile Banking Nasabah Bank BCA di Surabaya.
Engel, James F. Blackwell, Roger D. dan Miniard, Paul W. (1994). Perilaku Konsumen. Edisi 6 Jilid 1. Binarupa Aksara. Jakarta.
Facebook Statistic. (2009). Internet World Stats. Usage and Pupulation Statistic.
Gant, Amanda L.(2012). Effect Of Mobile Banking in Microfinance Institution Performance in Kenya,[tesis]. Faculty of the graduate school of arts and sciences of georgetown University
Garcia-Torres M. abraham, “Consumer Behaviour Theory : utility Maximization and The seek Of Novelty”
Gary Lewis dan Kenneth Thygerson, The Financial Institution Internet Source Book (New York: Mc.Graw-Hill, 1997), hal. 100-101
Griffin, Ricky W. dan Ebert Ronald J. (2003). “Bisnis”. Jakarta: Prenhallindo.
Gronlund., dan Linn. 1990. Measurement and Evaluation in Teaching. Sixth Edition. New York: Macmillan Publishing Company.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.