EVALUASI PENGENDALIAN INTERNAL SIKLUS PENDAPATAN BERDASARKAN COMMITTEE OF SPONSORING ORGANIZATION (COSO) FRAMEWORK PADA BADAN USAHA JASA PEMAKAMAN DAN SIUPAN BAGUS ABADI

  • Gilang Pratama Putra Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 226 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 478 times
Keywords: Internal control, jasa pemakaman, COSO Framework

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai pengendalian internal pada sebuah badan usaha yang dinilai menggunakan dimensi-dimensi yang terdapat pada Committee of Sponsoring Organization. Dimensi-dimensi tersebut adalah Control Environment, Risk Assessment, Control Activity, Information and Communication, dan Monitoring Activity. Penelitian ini menggunakan applied research. Penelitian ini menggunakan variabel pengendalian internal menurut Romney dan Steinbart (2009). Sampel yang ditetapkan untuk penelitian ini adalah Badan Usaha Pemakaman dan Siupan Bagus Abadi Surabaya. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan pendokumentasian terhadap objek, yang kemudian dari data-data yang diperoleh akan dievaluasi berdasarkan COSO framework dan memberikan kesimpulan pada akhir penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian internal yang ada pada badan usaha Bagus Abadi masih belum sepenuhnya sesuai dengan COSO framework. Namun walaupun masih belum sepenuhnya sesuai dengan COSO framework, Bagus Abadi mampu bertahan dan mengendalikan segala masalah internal yang terjadi. Hal ini disebabkan oleh terdapatnya hubungan kekeluargaan antara pemilik dengan semua pegawai yang membuat semua pegawai memiliki loyalitas yang tinggi terhadap pemilik dan badan usaha. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gellinas and Sutton. 2005. Accounting Information Systems. 6th edition. Thomson Co. : United States

Romney, Marshall B. Steinbart, 2009, Accounting Information Systems. 11th edition. Upper Saddle River, New Jersey, Pearson Education, Inc.

Hall, James A.. 2008. Accounting Information Systems. 6th edition. Thomson Co. : Canada

Rama, Dasaratha V. Jones, 2006. Accounting Information Systems. 1st edition. Thomson Co. : Canada

Hartono, Jogiyanto. 2005. Analisis & Desain (Sistem Informasi : Pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis). Edisi 3. Andi Offset: Yogjakarta.

Elliot, Robbet K. (June 1992). ”The Third Wave Break on the Shore of Accounting”.

Accounting Horizon, vol. VI/2, page:61.

Wilkinson, Joseph W. 2000. Accounting Information System: Essential Concepts and Application 4th edition. John Wiley & Sons, Inc.

Bodnar, H. George, Hopwood, S. William. 2004. Accounting Information System 9th edition. Upper Saddle River, New Jersey : Pearson Education inc.

Whitten, L. Jeffrey, Bentley. D. Lonnie, dan Dittman, C. Kevin. 2004. System Analysis and Design Methods 6th eition. Yogyakarta: ANDI

Effendi, Zainal. 2010. Lahan makam di Surabaya menghilang. http://us.surabaya.detik.com/read/2010/03/18/090531/1320055/466/lahan-makam-di-surabaya-menghilang. Diakses Maret 2013

COSO. 2011. Committee of Sponsoring Organization of the Treadway Commission. www.ic.coso.org. Diakses Maret 2013
Published
2014-09-01