PENERAPAN DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING ( DRP ) PADA CV THREE J – BALI

  • Rika Anistya Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 784 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 4563 times
Keywords: Distribusi, Distribution Requirement Planning, Future Demand, Forecasting

Abstract

CV.Three J sebagai perusahaan yang membuka banyak cabang toko di pulau Bali menghadapi masalah dalam pendistribusian. Pendistribusian harus dilakukan ke setiap toko dengan mencegah retur dan kerusakan barang. Peramalan permintaan yang telah terjadi di perusahaan saat ini tetap tidak dapat menghindari masalah tersebut. Pendistribusian dituntut untuk tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan toko yang berbeda-beda. Studi ini bertujuan untuk menerapkan perencanaa kebutuhan distribusi untuk sistem distribusi yang lebih baik dan tepat sasaran. Studi ini menggunakan metode Distribution Requirement Planning (DRP). Untuk menentukan kebutuhan-kebutuhan dan mengisi kembali inventori pada branch warehouse. DRP memberikan future demand visibility berkaitan dengan kebutuhan untuk pengiriman dari source stocking points ke destination stocking points. Hal ini akan membantu untuk melakukan tindakan-tindakan korektif yang diambil sebelum kejadian-kejadian yang tidak diinginkan berkembang menjadi krisis. Penerapan DRP yang dimulai dengan peramalan permintaan dan metode pemulusan eksponensial tunggal.  Hasil dari studi ini memperlihatkan bahwa penerapan DRP pada CV.Three J dapat memberi jalan keluar atas masalah yang dihadapi perusahaan. Dengan DRP perusahaan dapat menjalankan distribusi sesuai peramalan permintaan barang dalam kerangka DRP sehingga dapat mengurangi retur karena barang yang sampai di toko tidak sesuai.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anatan, Lina., Anatan, Lena., 2004, Supply Chain Management Teori dan Aplikasi, Bandung : Alfabeta

Baroto, T., 2002, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Bowersox, Donald, J., Closs, David, J., Cooper, M, Bixby., 2013, Supply Chain Logistics Management, New York : McGraw-Hill.

Bozarth, Cecil, C., Handfield, Robert, B., 2008, Introduction to Operations and Supply Chain Management,2nd Edition, New Jersey : Pearson Prentice Hall

Chopra, S., Meindl, P., 2013, Supply Chain Management Strategy, Planning, and Operation, 5th Edition, New York : Pearson.

Gaspersz, Vincent., 2004, Production Planning and Inventory Control: Berdasarkan pendekatan Sistem Terintegrasi MRP II dan JIT menuju MANUFAKTURING 21, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Ginting, Rosnani., 2007, Sistem Produksi, Cetakan Pertama, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Harrison, Alan., Van Hoek, Remko., 2008, Logistics Management and Strategy Competing through the Supply Chain, 3rd Edition, England : Prentice Hall.

Indrajit, Richardus, E., Djokopranoto, R., 2003, Manajemen Persediaan, Jakarta : PT. Grasindo.

Leenders, Michiel, R., Fearon, Harold, E., Flynn, Anna, E., Johnson, P, Frase., 2002, Purchasing and Supply Management, 12th Edition, New York : McGraw-Hill.

Lysons, Kenneth., Gillingham, Michael., 2003, Purchasing and Supply Chain Management, 6th Edition, England : Pearson Education Limited.
Published
2014-09-01