PERANAN ANALISIS BIAYA KUALITAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK PADA PT “X” DI SURABAYA
Abstract
Saat ini berbagai industri bisnis mengalami persaingan yang ketat, salah satunya industri kayu. Hal ini ditunjukan melalui munculnya industri-industri sejenis yang memiliki keunggulan-keunggulan seperti penawaran harga yang murah, lokasi strategis dan relasi hingga ke mancanegara. Berdasarkan hal tersebut maka PT “X” dituntut untuk memiliki suatu keunggulan yang mampu bersaing dengan para competitor dan tetap exist yakni dengan menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu PT “X” harus dapat mengatur dan memonitor setiap aktivitas yang berhubungan dengan peningkatan standar kualitas yang ingin dicapai. Dalam hal ini bertujuan untuk menghasilkan produk sesuai keinginan konsumen dan memberikan pelayanan yang baik. Namun hingga saat ini PT “X” belum memiliki laporan biaya kualitas. Hal ini disebabkan karena keterbatasannya kemampuan dan pengetahuan beberapa tim manajemen yang bekerja pada PT “X”. Sehubungan dengan hal tersebut maka PT “X” memerlukan adanya suatu laporan biaya kualitas sebagai alat bantu untuk mengontrol dan mengatur hal-hal yang terkait dengan aktivitas pengelolaan kualitas. Pada akhirnya laporan ini dapat menjadi suatu bahan pertimbangan bagi pihak manajemen PT “X” dalam pengambilan keputusan terkait upaya pengelolaan kualitas yang baik.
Downloads
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.