PERBEDAAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT MALL DI PUSAT PERBELANJAAN GALAXY MALL BERDASARKAN GENDER DAN KELOMPOK USIA
Abstract
Peningkatan jumlah pusat perbelanjaan seperti Mall di Surabaya meningkatkan persaingan pada usaha di bidang Mall. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya perbedaan sikap pengunjung terhadap atribut Mall di pusat perbelanjaan Galaxy Mall berdasarkan gender dan usia di kota Surabaya. Pengolahan data terhadap 130 kuesioner dilakukan dengan menghitung nilai mean, standar deviasi, minimum dan maximum. Uji ANOVA digunakan untuk menguji hipotesis perbedaan sikap konsumen terhadap atribut Mall pada pusat perbelanjaan di Galaxy Mall berdasarkan gender dan usia. Uji post-hoc juga digunakan untuk menganalisis perbedaan sikap konsumen terhadap atribut Mall berdasarkan usia. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan gender pada atribut aesthetics. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan usia pada atribut aesthetics dan exploration, dimana pada dimensi aesthetics Mall dianggap memiliki desain, warna, tekstur, pencahayaan ruang, dan dekorasi interior yang menarik perhatian konsumen. Sedangkan pada dimensi exploration Mall dianggap menarik untuk dikunjungi karena banyaknya variasi produk yang ditawarkan untuk konsumen pada toko-toko di pusat perbelanjaan Galaxy Mall.
Downloads
References
Japarianto, Edwin, 2010. “Analisa Type Hedonic Shopping Motivation dan Faktor Pembentuk Kepuasan Tourist Shopper di Surabaya.” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 12, No 1, Maret 2010 : 76-85. (diakses pada tanggal 23 Januari 2014)
Khare, A. “Mall Shopping Behaviour Of Indian Small Town Consumers.” Journal of Retailing and Consumer Services 18 (2011): 110-118. (diakses pada tanggal 22 november 2013)
Patney, Mansi Batra. “Indian Consumers and Their Mall Patronage : Application of cultural self and the theory of planned behaviour to patronage intentions.” Lowa State University, 2010 (diakses pada tanggal 6 Mei 2014)
Subagio, Hartono, 2011. Pengaruh Atribut Supermarket Terhadap Motif Belanja Hedonik Motif Belanja Utilitarian dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 6, No. 1, April 2011 : 8-21. (diakses pada tanggal 23 Januari 2014).
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.