HARAPAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN APOTEK TERHADAP PERAN APOTEKER YANG BERADA DI WILAYAH SURABAYA BARAT

  • Erlin Aurelia Universitas Surabaya
Abstract Views: 1344 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1044 times
Keywords: Harapan konsumen, Kepercayaan konsumen, Peran apoteker.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan dan kepercayaan konsumen terhadap peran Apoteker di apotek yang dilakukan di wilayah Surabaya Barat. Penelitian dilakukan dengan metode observasional. Metode sampling menggunakan Purposive Sampling. Target sampel adalah 96 konsumen. Data yang terkumpul berjumlah 106 responden yang diperoleh dari beberapa apotek di wilayah Surabaya Barat. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner dan penambahan informasi dengan wawancara. Aspek yang diharapkan oleh konsumen sebagai aspek pelayanan yang penting yaitu Apoteker memiliki pengetahuan yang lebih mengenai obat. Terdapat perbedaan harapan yang signifikan antara konsumen yang pernah menerima layanan langsung dari apoteker dan yang tidak pernah yaitu pada aspek: apoteker memberikan penjelasan mengenai tujuan pengobatan, cara penyimpanan obat, kemungkinan adanya efek samping obat dan cara mengatasinya, pentingnya menggunakan obat secara teratur sesuai aturannya, dan apoteker memberikan saran bila diminta oleh konsumen. Jenis-jenis informasi yang dipercaya oleh konsumen adalah informasi mengenai cara mengkonsumsi obat, efek samping obat, dan harga obat yang dibeli dengan resep dokter.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-03-01