PEMBUATAN MOBILE GAME IGO
Abstract
Perkembangan teknologi yang terdapat pada handphone berbasis GSM sekarang ini sangat pesat. Handphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi suara saja, tetapi juga sebagai alat untuk memudahkan pengguna handphone dalam kehidupan sehari-hari. Fasilitas untuk pengaksesan internet, e-mail, organizer, game dan lain sebagainya yang dapat langsung dipakai melalui handphone, merupakan beberapa contoh fasilitas yang ditawarkan kepada pengguna handphone.Pada awal perkembangan aplikasi mobile device terutama handphone, masing –masing vendor membuat platform sendiri –sendiri, sehingga aplikasi yang dibuat hanya untuk sebuah produk atau merk tertentu saja.Tetapi dengan perkembangan di bidang teknologi sun Microsystem mengeluarkan edisi khusus dari Java yaitu Java 2 Micro Edition (J2ME) untuk keperluan pengembangan aplikasi di bidang mobile device.Dengan kemudahan pengembangan aplikasi di mobile device, maka dibuat “AplikasiMobileGame Igo”. Tahap-tahap yang dilakukan dalam pembuatan games ini dimulai dengan melakukan analisis mengenai game action pada handphone dengan teknologi bluetooth. Kemudian permainan ini diimplementasikan dengan memakai Java 2 Micro Edition. Game yang dibuat akandapat dimainkan secara singleplayer dan multiplayer dengan menggunakan koneksi bluetooth. Setiap pemain dalam game ini akan memiliki batuyangdiletakkan diatas papan permainan secara bergiliran.
Downloads
References
Wikipedia. (2011). Turn-based strategy. Tersedia: http://en.wikipedia.org/wiki/Turn-based_strategy. [diakses tanggal 31 Maret 2011].
Iskandar, F. (2008). Apa itu Java 2 Micro Edition (J2ME). 19 Agustus 2008. Feriyadi Iskandar: Blog. Tersedia: http://feri99.blogspot.com/2008/08/apa-itu-java-2-micro-edition- j2me.html. [diakses tanggal 25 Juni 2012].
Ksatria, D. (2012). Materi Tentang J2ME. 27 Mei 2012. Delly Ksatria: Blog.Tersedia: http://dellyvampss.blogspot.com/2012_05_01_archive.html.[diakses tanggal 7 Juli 2012].
Andriyanto, A. (2008). Sekilas tentang j2me !!!. 25 Maret 2008. Agung Andriyanto: Blog. Tersedia: http://ndelon.wordpress.com/2008/03/25/sekilas-tentang-j2me/. [diakses tanggal 14 Maret 2011].
Prasetyo, R. D. (2013). ARTIKEL TENTANG J2ME. 19 Mei 2013. Ristanto Dwi Prasetyo: Blog. Tersedia: http://ristanto- dp.blogspot.com/2013_05_01_archive.html. [diakses tanggal 13 Juni 2013].
Onlen, C. (2013). Definisi dan Pengertian bluetooth. Januari 2013. Computer Onlen: Blog. Tersedia: http://computeronlen.blogspot.com/2013/01/definisi-dan-pengertian- bluetooth.html. [diakses tanggal 17 Juli 2014].
Wikipedia. (2014). Bluetooth. Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Bluetooth.[diakses tanggal 17 Juli 2014].
Rachmatullah, A. (2006). Cara Bermain Igo. Mei 2006. Tersedia: http://yic.wikispaces.com/file/view/Cara_Bermain_Igo.pdf/30097236/Cara _Bermain_Igo.pdf. [diakses tanggal 21 Februari 2011].
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.