HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU KIMIA DAN MOTIVASI AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA
Abstract
Sulitnya belajar Kimia dan belum tercapainya nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM), persepsi siswa terhadap kompetensi guru Kimia serta motivasi akademik menjadi alasan yang menyebabkan prestasi belajar Kimia kurang maksimal. Hal ini perlu dikaji untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru Kimia dan motivasi akademik dengan prestasi belajar Kimia. Subyek penelitian adalah siswa kelas X dan XI IPA pada SMA “X” di Surabaya yang ditentukan berdasarkan teknik total sampling sejumlah 449 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan survei menggunakan angket persepsi siswa terhadap kompetensi guru Kimia (ELEQ) dan angket motivasi akademik (AMS). Teknik analisa data menggunakan analisis regresi dan regresi stepwise. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan tidak langsung antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru Kimia dengan prestasi belajar Kimia melalui motivasi akademik sebagai mediator = 0,108. Persepsi siswa terhadap kompetensi guru Kimia positif sebesar 84,9%. Peneliti menemukan bahwa terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru Kimia dengan motivasi akademik (p=0,000, R=0,573 dan R square = 0,019) dan terdapat hubungan antara motivasi akademik dengan prestasi belajar Kimia (p=0,003, R= 0.139 dan R square= 0,328). Aspek persepsi yang paling dominan adalah aspek kognitif dan aspek motivasi akademik yang paling dominan adalah amotivasi.
Downloads
References
Adjani, Sagita & Adam, Helmy (-). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Akutansi. Jurnal Penelitian Universitas Brawijaya, Malang
Ajzen, I. (2005). Attitudes, personality, and behavior (2nd ed.). Berkshire: Open University Press
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, Vol. 50, 179-211
Ames, C. (1992). Classrooms: Goals, Structures, and Student Motivation. Journal of Educational Psycology, 84(3), 261-271
Aminah, S. (2008). Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Kimia dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X Semester II MA Kartayuda Wado Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2007/2008. (Skripsi: Tidak dipublikasikan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga)
Bieg, S., dkk, (2013). The Role ofTeachers and Self-Determined Motivation in Working With Students in Germany and The United States, Jurnal Elsevier, International Journal of Educational Research, 60, 27-37
Busato, V., Prins, F., Elshout, J., & Hamaker, C. (2000). Intellectual Ability, Learning Style, Personality, Achievment Motivation and Academic Success of Psychology Students in Higher Education. Jurnal Pergamon, Personality and Individual Differences. Vol 29, 1057 – 1068
Chen, K.C. & Jang, S.J. (2010). Motivation in Online Learning: Testing a Model of self-Determination Theory. Jurnal Elsevier, Computers in Human Behavior. Vol 26, 741-752
Collins, Mallary M. & Fontenelle, Don H.(1992). Mengubah Perilaku Siswa, Jakarta: BPK Gunung Mulia
Deci, E.L. & Ryan, R.M. (2000). The “What” and “Why” of Goal Pursuits: Human needs and The Self-Determination of Behavior. Psicalogical Inquiry, 11(4), 227-268
Deci, E.L. & Ryan, R.M. (2002). Handbook of Self-determination research. Rocester, NY: University of Rocester Press
Dewi, F. dan Hidayati, R. (2013). Analisis Persepsi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Tentang Proses Pembelajaran Kimia dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Semirata FPMIPA Universitas Lampung, Lampung
Fraser, B.J. (1998). Classroom Environtmen Instruments: Development, validiy and applications, Learning Environtments Research, 1, 7-33
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.