PENYUSUNAN JOB ANALYSIS DAN SOSIALISASINYA PADA DD CONSULTANT

  • Yumin Iwan Program Magister Psikologi Profesi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Abstract

Semakin dibutuhkannya perusahaan konsultan saat ini, berdampak pula pada semakin berkembangnya organisasi DD consultant sebagai salah satu lembaga konsultan di kota Surabaya. Perkembangan perusahaan seharusnya diikuti pula dengan pemantapan sistem organisasi internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pengembangan perusahaan melalui penyusunan sistem analisis jabatan beserta rancangan sosialisasinya. Hasil penelitian asesmen menunjukkan adanya ketidakjelasan mengenai pekerjaan pada jenjang/level masing-masing, pembagian pekerjaan yang terkadang tumpang tindih, kurangnya pemahaman mengenai batas kewenangan yang dimiliki, serta rasa sungkan atau kegelisahan antar karyawan terkait pelaksanaan pekerjaan dalam DD consultant. Dengan demikian, intervensi yang diberikan berupa penyusunan analisis jabatan yang terbagi menjadi uraian jabatan dan persyaratan jabatan, serta rancangan sosialisasi analisis jabatan tersebut. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Moekijat. (1998). Analisis jabatan. Bandung: Penerbit Mandar Maju.

Prasetyo, B. & Jannah, L. M. (2005). Metode penelitian kuantitatif: Teori dan aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Soeprihanto, J. (2001). Penilaian kinerja dan pengembangan karyawan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Suryabrata, S. (1983). Metodologi penelitian. Jakarta: Rajawali.

Yoder, D. & Staudohar, P.D. (1984). Personnel management and industrial relations. New Delhi: Prentice Hall of India private limited.
Published
2016-03-01
How to Cite
IWAN, Yumin. PENYUSUNAN JOB ANALYSIS DAN SOSIALISASINYA PADA DD CONSULTANT. CALYPTRA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. Hal. 1 - 7, mar. 2016. ISSN 2302-8203. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2764>. Date accessed: 08 july 2020.