PENYUSUNAN MODUL PERILAKU CARING PADA PERAWAT

  • Gema Citra Pratiwi Program Magister Psikologi Profesi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
  • Hartanti Hartanti Program Magister Psikologi Profesi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
  • Nanik Nanik Program Magister Psikologi Profesi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang menghambat perawat dalam melakukan perilaku caring kepada pasien. Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut peneliti menyusun modulĀ  perilaku caring pada perawat. Partisipan penelitian ini terdiri atas tiga perawat melalui teknik incidental sampling, yaitu pemilihan subjek yang sesuai dengan kriteria inklusi serta eksklusi yang ditentukan dan dapat ditemui pada saat pelaksanaan penelitian. Pengambilan data asesmen dilakukan dengan wawancara, observasi, pemberian angket perilaku caring, dan pemeriksaan psikologis berupa pemeriksaan kepribadian. Hasil asesmen yang didapat dari penelitian adalah bahwa permasalahan yang didapat adalah kurang memahami teknik berperilaku caring, kurang dapat mengelola proses internal di dalam diri untuk berperilaku caring ke pasien (meliputi kesadaran diri; pengaturan diri; motivasi; dan empati) dan kurang dapat mengelola proses eksternal untuk menjalin hubungan interpersonal dengan pasien secara caring (meliputi komunikasi terapeutik; ekspresi dan bahasa tubuh; dan mengatur waktu dengan pasien). Hasil diseminasi modul dinilai menarik dalam segi tampilan; dalam segi isi mudah dipahami dan sesuai dengan kebutuhan serta dapat diimplementasikan; dapat membuat perawat intropeksi atau mengevaluasi diri sendiri melalui latihan dan contoh modul.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiana, Anisah. (2010). Hubungan Kecerdasan Emosional Perawat Dengan Perilaku Caring Perawat Pelaksana Menurut Persepsi Pasien Di Ruang Rawat Inap RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso. http://lontar.ui.ac.id/file?file=pdf/...pdf. Diunduh 30 Desember 2013.

Marlindawani (2003). Komunikasi dalam keperawatan. USU Digital Library. Diambil Pada 30 Februari 2015 dari http://repository.usu.ac.id.

Morrison, P., & Burnard, P. (2009). Caring & Comunicating: Hubungan Interpersonal Dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.

Nurachmah, E. (2001). Asuhan Keperawatan Bermutu Di Rumah Sakit. Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI). Diambil pada tanggal 30 Desember 2013 dari http://www.pdpersi.co.id?show=detailnews&kode=7867tbl=artikel.

Potter, P.A., Perry, A.G. (2009). Fundamental Of Nursing (7thed). Alih Bahasa: A. Ferderika. Jakarta: EGC.

Potter, P.A., & Perry, A.G. (2010). Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta: EGC.

Rego, Armenio, Godinho, Lucinda, & McQueen, Anne. (2008). Emotional Intelligence And Caring Behavior In Nursing. Diambil pada tanggal 30 Desember 2013 dari http://ibacnet.org/bai2007/proceedings/Papers/2007bai7810.doc.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swansburg, RC. (2000). Pengantar Kepemimpinan & Manajemen Keperawatan Untuk Perawat Klinis. Jakarta: EGC.

Tomey, A.N. & Alligood, M.R.(2006). Nursing Theorists and Their Work. USA: Mosby Elsevier.

Watson, J. (2005). Caring science as sacred Science. USA: F.A. Davis Company.

Whaley & Wong. (1991). Nursing Care Of Infant Children. USA: Mosby Elsevier
Published
2016-03-01
How to Cite
PRATIWI, Gema Citra; HARTANTI, Hartanti; NANIK, Nanik. PENYUSUNAN MODUL PERILAKU CARING PADA PERAWAT. CALYPTRA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. Hal. 1 - 15, mar. 2016. ISSN 2302-8203. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2792>. Date accessed: 03 july 2020.