BIBLIOTHERAPY DAN FORGIVENESS THERAPY UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI PADA KORBAN BULLYING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh bibliotherapy dan forgiveness therapy terhadap peningkatan harga diri dan penurunan distorsi kognitif pada korban bullying. Responden dalam penelitian ini adalah dua orang remaja kelas 2 SMP. Desain penelitian ini adalah one group before after/pre-test post-test tanpa kelompok kontrol dengan menggunakan uji wilcoxon. Pengukuran menggunakan angket CSEI (Coopersmith Self Esteem Inventory) dan angket distorsi kognitif. Hasil dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan harga diri yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemberian intervensi (p=0,180>0,05). Begitupula pada pengukuran distorsi kognitif pada empat kelompok distorsi, tidak ada perbedaan distorsi kognitif antara sebelum dan sesudah pemberian intervensi (p>0,05). Meskipun secara uji statistika tidak ada pebedaan yang signifikan, namun didapatkan secara uji deskriptif, ada perubahan kategori harga diri dan distorsi kognitif antara sebelum serta sesudah intervensi. Dapat dikatakan bahwa bibliotherapy dan forgiveness therapy memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan harga diri serta penurunan distorsi kognitif pada kedua responden.
Downloads
References
Coopersmith, S. (1967). The Antecedent of Self Esteem.San Fransisco: W.H.Freeman
Frisen, A., Jonsson, A.-k., & Persson, C. (2007). Adolescents' perception of bullying: Who is the victim? Who is the bully? What can be done to stop bullying? Adolescence, 42(168), 749-761.
Hansen, T. B., Steenberg, L. M., Palic, S., & Elklit, A. (2012). A review of psychological factors related to bullying victimization in schools. Aggression and Violent Behavior, 17(4), 383-387. doi: http://dx.doi.org/10.1016/j.avb.2012.03.008
Haynie, D. L., Nansel, T., Eitel, P., Crump, A. D., Saylor, K., Yu, K. & Simons-Morton, B. (2001). Bullies, Victims, and Bully/Victims: Distinct Groups of At-Risk Youth. Journal of Early Adolescence, 21,(1), 29-49.
Hertinjung, W. S., Susilowati, & Wardhani, I. R. (2012). Profil Kepribadian 16PF Pelaku dan Korban Bullying. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami, 190-199.
Karacan. N., & Güneri. O. Y. (2010). The effect of self-esteem enrichment bibliocounseling program on the self-esteem of sixth grade students. Procedia Social and Behavioral Sciences, 5, 319-322.
Robson, P. J. (1989). Development of a New Self Report Questionnaire to Measure Self Esteem. Psychological Medicine, 19, 513-518.
Stein, J. A., Dukes, R. L. & Warren, J. I. (2006). Adolescent Male Bullies, Victims, and Bully-Victims: A Comparison of Psychosocial and Behavioral Characteristics. Journal of Pediatric Psychology, 32 (3). 273-282.
Widayanti, C. G. (2009). Fenomena Bullying di Sekolah Dasar Negeri di Semarang: Sebuah Studi Deskriptif. Jurnal Psikologi Undip, 5(2).
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.